Senin, 23 Agustus 2010

Menjadi Masjid

Alhamdulillah…Ramadhan kali ini saya mendapat “kesempatan” untuk memulai puasa hari pertama dikota kelahiran…Jayapura .... Dan ostomastis juga, Taraweh pertama akan kulewati dikota kelahiranku

Hari kerja terakhir dibulan sya’ban dikantor wilayah jayapura kami putuskan untuk diselesaikan dengan cepat, agar beberapa karyawan muslim bisa mendapat kesempatan untuk menikmati malam taraweh pertama
Sore itu saya bergegas balik kehotel, mandi, wudhu dan bersegera menuju sebuah masjid.
Masjid ini berada dilingkungan masa kecilku..ya karena masjid ini penuh kenanganlah yang membuatku untuk bertaraweh pertama di masjid ini.

Saat melaksanakan sholat taraweh berjamaah inilah, kenangan akan masa kecilku kembali terulang. Tepatnya saat aku dari kelas 6 SD sampai kelas 2 SMP
Di masjid inilah dulu kami sekeluarga melaksanakan sholat taraweh bersama
Di Masjid ini dulu selepas taraweh, bersama-sama teman-teman kompleks melewatkan bulan ramadhan bersama
Di Masjid ini dulu, selepas sahur dan sholat subuh, bersama teman-teman berkumpul dan berjalan-jalan keliling kompleks
Di Masjid ini dulu, kami sebagai anak-anak bertugas mengumandangkan Takbir menyambut ramadhan
Di Masjid ini dulu....berjuta kenangan tertinggal disini...

Salah satu kenangan yang masih aku ingat sampai sekarang adalah :
Masjid ini sangat dekat dengan rumah, tidak sampai 100 M, jadi bisa dibayangkan suara adzan pasti akan sangat terdengar jelas sampai rumah.
Waktu itu tepatnya bukan bulan ramadhan, aku dibangunkan suara Adzan Subuh yang dikumandangkan Pak Syukri (pengurus Masjid, yang rumahnya tepat bersebelahan dengan masjid). Tanpa basa-basi dan pamit kepada penghuni rumah, aku keluar rumah dan berangkat kemasjid untuk menunaikan sholat subuh.
Selepas sholat subuh, kembali ke rumah, masuk kamar dan tidur.
Tapiiiiii....saya tidak tahu, rupanya seiisi rumah sedang KALUT mencariku.
Dua orang kakakku sedang mencariku diluar rumah, satunya naik mobil dan satunya berlari ke jalan raya. Ini karena mama saat bangun untuk sholat subuh kaget melihat kamarku terbuka dan aku tidak ada, sementara pintu rumah bagian belakang tidak terkunci, maka PANIKLAH beliau dan membangunkan kedua kakakku untuk mencariku. Tidak terpikir oleh mereka saat itu kalau saya sedang subuhan dimasjid.
Saat itu ayah masuk kamar dan mendapatiku sedang tidur, selanjutnya membangunkanku dan bertanya dari mana..saat aku menjawab dari subuhan, maka tertawalah beliau dan melaporkan kepada mama yang sedang berada didepan rumah menunggu kabar dari kakak2ku, dan saat kakakku2 pulang kerumah, bisa dibayangkan MANGKELnya mereka hehehehe...dikiranya diriku sudah diculik hihihi
Ya harap maklum, diluar bulan Ramadhan memang aku jarang banget melaksanakan sholat subuh di Masjid


Masjid An Nur..
Lebih tepatnya dulu bernama Mushollah An Nur, sampai aku meninggalkan kota jayapura, An Nur masih bertitle musholla, saat bertanya kepada teman2 yang masih bermukim di kompleks ini mereka sudah lupa, sejak kapan Musholla ini Menjadi Masjid.
Secara Luas, Masjid ini tidak ada perubahan dengan Musholla An Nur yang dulu, sama persis, hanya sisi samping saja yang sudah disemen dan ber-tegel.
Dan Pak Syukri sang pengurus Musholla ini sudah lama berpulang Ke Rahmatullah
Alhamdulillah, Di Taraweh pertama Ramadhan ini saya diberi kesempatan untuk menjalankan Sholat Taraweh di Musholla An Nur yang telah Menjadi Masjid

Sayang banget, saya gak sempat mengabadikan Musholla – Masjid An Nur ini
Ssssssssstttt..tau gak, waktu ngetik postingan ini aku merinding lho

8 komentar:

nh18 mengatakan...

Saya bisa mengerti mengapa kamu merinding Dal ...
Kenangan akan Mushola An Nur ini begitu melekat di benak kamu ...
tentu saja bonding Mushola ini dengan dirimu sudah sangat menyatu ...
walaupun sekarang telah berubah menjadi Masjid ...

Salam saya Dal

budiuy mengatakan...

Untunglah pulang dan tidurnya dirumah sendiri, coba dirumah tetangga..

edratna mengatakan...

Dimanakah letak masjid An Nur ini?

Jayapura menurutku kota yang unik, keberagaman penduduknya dan juga agama yang dianutnya. Dan di sini, setiap pagi saya mendengar kumandang azan Subuh...hal yang awalnya mengejutkanku, tak mengira mendengar azan di Jayapura.

Unknown mengatakan...

kirain lagi mimpi sambil berjalan bro buat shubuhan..sama ya istilahnya di Palembang juga shubuhan..
Selamat bernostalgila bro di Papua, dan selamat beribadah juga tentunya

Salam

IJuliar

Ria mengatakan...

Kalau aku mesti kesayangan adalah mesjid raya mahassar, kalau dari rumah bisa jalan kaki walaupun cukup jauh. dan jaman dulu waktu mobil blom ada senangnya bisa berjalan di jalan raya yang dipadati orang yg berangkat dan pulang dari taraweh di mesjid raya itu.

sekarang mesjid raya makassar katanya udha gak ada lagi ya mas, di ganti sama Al Markas.

imelda mengatakan...

@ Ria.... mesjid Raya Makassar? Kayaknya dekat rumah Opa deh. But mungkin aku salah

Taraweh awal di mesjid kota kelahiran, semoga taraweh akhir/takbiran bisa bersama keluarga di Makassar ya.... Amin

tabik
EM

Tuti Nonka mengatakan...

Afdhal , makanya lain kali kalau mau subuhan ke masjid, pamit dulu sama mama ya ... (eh, kalau sekarang pamitnya sama istri ya ... :) )

Ria, waktu ke Makassar tahun 2007, aku sempat ke Masjid Raya dan Masjid Al Markaz. Jadi kayaknya Masjid Raya itu masih ada, hanya memang kalah besar dengan Masjid Al Markas ...
Tapi yang lebih tahu tentunya pemilik blog ini, Daeng Afdhal ... :)

THE AFDHAL mengatakan...

@ Om NH :
Iya om, dimana-mana memang yah bonding selalu berkaitan dengan kenangan

@Budi uy :
kapan sih commentmu agak2 edukatip dikittt

@Bu Ratna:
Letaknya di Daerah Dok V Atas, wahh, kalo mesjid mah buanyakkk bangettt bu

@Iwan :
SAma-sama..selamat beribadah puasa juga yah


@Ria, Mbak Em, Mbokde Tuti :
Yuppp..Masjid raya masih ada dunk...dan Masjid Al Markaz memang beda..tapi jararknya gak begitu jauhan kok
oww ria deket situuhh
Mbak Em : Aminnnnnnnnnn
Mbetulll sekali mbokdeee