Senin, 10 November 2008

Beautiful Borneo (My Capture ; 2)

Senja di Banjarbaru....



Dari sebuah perjalan singkat ke kalimantan selatan...26 Juli 2008. Sabtu sore, dari bandara sepinggan balikpapan, sendirian naik pesawat batavia menuju banjarmasin.tiba di bandara syamsudin noor banjarmasin, menjelang maghrib dengan menumpang taksi bandara akhirnya perjalanan 30 menit yang membosankan kulalui juga, dan
malam itu aku tidak keluar dari hotel lagi, lebih menikmati tidur nyenyak di hotel bintang 4 ini.tapi tidurku malam itu agak terganggu, karena dihotel ada acara ultah hotel dan diadakan di pinggir kolam renang dengan musik2 yang cukup mengganggu tidurku
malam itu.
setelah sarapan pagi (27 Juli 2008) di hotel rattan in banjarmasin, kembali merebahkan diri dikamar hotel, sambil menyiapkan "alat perangku" untuk menghadiri
event.handuk kecil, kacamata hitam dan tentunya KAMERA POCKET'ku tercinta kusiiapkan, akhirnya sang penjemput datang (manager area banjarmasin), akhirnya kami berdua menuju kota Banjarbaru untuk menghadiri sebuah event road show yang aku buat
di 3 kota (samarinda, Balikpapan dan banjarmasin), dari ke.3 kota itu hanya kota banjarmasin yang sempat aku datangi, sementara 2 kota lainnya aku tidak dapat hadir karena sedang berada di bumi borneo bagian barat.


event ini akan digelar siang sampai sore hari, konon karena tidak dapat ijin dari pihak berwajib, makanya event ini digelar siang-sore hari, apalagi dengan tema ROCK pastinya lumayan rame nih (pikirku)..perjalanan dari banjarmasin menuju banjarbaru kira2 1 jam lebih dikit, kami juga sempat mampir makan siang disebuah rumah makan ayam (aku lupa nama rumah makan itu, tapi AYAM UENAKKKK TENANNN, Mak nyossss; sampai tambah 1 porsi lagi)..setelah makan kami melanjutkan perjalanan dan akhirnya sampai juga kami di Lapangan Murjani KOtamadya Banjarbaru.



Lapangan ini berada ditengah2 komplek perkantoran kotamadya banjar baru, dan lebih tepatnya sih ini bukan lapangan, melainkan seperti tempat parkir yang luassss banget, memang disebelahnya ada lapangan rumput, tapi untuk lapangan Murjani Banjarbaru ini orang lebih tau dilapangan beraspal ini adalah lapangan murjani.

kok bisa banjarbaru ya namanya, kok bisa lapangan murjani ya namanya...tenang sodara-sodara ceritanya begini....
disuatu waktu dijaman dahulu kala, disebutkan bahwa pulau kalimantan ini adalah 1 Propinsi, yaitu propinsi Kalimantandengan Gubernur yang bernama dr. Murjani. Propinsi ini beribukota di Kota Banjarmasin. kota Banjarmasin ini dikenal dengan julukan kota seribu sungai dengan sungai Barito yang terkenal, belum lagi sungai2 kecil lainnya. nah keberadaan sungai2 kecil inilah kota banjarmasin paling sering kebanjiran dan tentunya kena serangan nyamuk. sebagai Dokter Murjani merasa perlu melakukan tindakan agar masyarakatnya tetap sehat untuk beraktivitas, apalagi ditambah banjir yang cukup mengganggu aktivitas masyarakatnya (dan konon juga banjir sampai ke kantor gubernur lho, kalau sedang apel/upacara digubernuran selalu tdk bisa dilaksanakan karena banjir) so sang dokter memutuskan untuk mencari tempat baru utk membangun sebuah pusat pemerintahan propinsi banjarmasin, dan tentunya tidak mau ditempat yang dekat dengan sungai dan rawa, harus ditempat yang padat. so setelah searching-searching (tentunya gak diinternet dan google earth lho, lha tahun 50'an je...),
dokter murjani yang menunjuk seorang ahli asal luar negeri memutuskan untuk memindahkan pusat pemerintahaan di Banjarbaru, daerah yang tanahnya padat dan aman tentunya. akhirnya ditemukan sebuah tempat yang cuocok untuk itu. dan dinamakanlah daerah itu dengan nama Banjarbaru, karena akan menjadi banjarmasin yang baru, so disingkat banjarbaru...

TAPI sayang seribu sayang, belum sempat hal itu terjadi (pemindahan ibukota propinsi kalimantan dari banjarmasin ke banjarbaru) eh keburu keluar keputusan pemerintah kalo kalimantan akan dibagi menjadi 4 Propinsi nah loh....karena prosesnya yang lama juga so keburu Pak Dokter Murjani Meninggal Dunia, yah proses ini mandeg, tapi wes kadung aware kalo akan ada kota banjarbaru, so masyarakat yang ada dibanjarbaru juga sudah terlanjur senang,
TAPI berubah lagi tujuan utama tadi, dari pemindahan ibukota dari banjarmasin ke banjarbaru, menjadi Banjarbaru berdiri sendiri..hahhhhh !!! capeee dehhh, akhirnya dengan keputusan. pemerintah tahun 1970-an Banjarbaru menjadi Kota Administratif. jadi Banjarbaru sekarang adalah Kota sendiri dan dipimpin oleh seorang walikota, tapi warga tidak melupakan jasa sang Dokter mantan Gubernur, makanya lapangan utama di banjarbaru (kalo dijawa biasane disebut Alun-Alun) diberi nama dengan nama Lapangan Murjani, lapangan tempat diadakan event yang akan kukunjungi ini.kota Banjarbaru ini terletak diantara Kota Banjarmasin dan Kota Martapura..tau kan Martapura, yang terkenal dengan Intan dan Batu Alamnya...
Tapi jangan salah, Di Banjarbaru juga ada beberapa tempat yang merupakan penghasil intan dan batu alam lho, sayangnya penghasilan banjarbaru dari Intan dan batu alamnya ini lebih banyak contribute ke Kota Martapura.Banjarbaru sebenarnya terbentuk secara tidak sengaja, karena daerahnya yang agak sedikit berbukit (sedikt lho...jangan dibayangkan banyak bukitnya) sehingga tanah didaerah ini cukup padat, dan sudah disebutkan diatas bahwa banjarbaru juga merupakan daerah penghasil intan...konon katanya daerah ini sering dilewati truk-truk yang mendulang intan dan batu alam, maka beberapa orang berinisiatif membuka warung kopi dan kue2 disekitar jalan yang dilewati truk-truk tersebut, dan memang tempat itu menjadi andalan orang-orang yang lewat ke tempat pendulangan intan dan tentunya sopir-sopir truk yang mampir ngopi dan makan kue. lama kelamaan wilayah tersebut semakin rame, seiring dengan makin banyaknya tempat pendulangan, banyaknya orang datang, dan banyaknya truk-truk yang masuk, warung-warung itu juga semakin rame, so lama kelamaan tempat ini menjadi semacam kampung dan berkembang (wah rupanya konsep STP dalam Marketing dari dulu
sudah ada ya, orang-orang sudah tau SEGMENTASI'nya kemudian men-TARGETING'kan konsumen dan men-POSITIONINGkan produk yang dijual....cikk..cikk..cikkk luar biasa hehehehe)....
dan sampailah saat bapak dokter murjani sang Gubernur Pulau Kalimantan menggagas untuk memindahkan ibukota ke sono, dan seiring waktu konsep itu tidak terlaksana, karena ya itu tadi, seperti sudah dibahas diatas, masyarakat banjarbaru keukeh dengan pendiriannya bahwa Banjarbaru is Banjarbaru, jadilah banjarbaru sekarang sebuah kota Administratif.

loh...loh...kok malah mbahas banjarbaru...kembali ke topik menghadiri event......
sesampainya di Lapangan Murjani Banjarbaru, langsung saja saya melihat tenda dan counter2 kami, apakah team area sudah melakukan seperti yang saya minta dalam directive yang saya buat (ceilehhhhh, YA IYALAH, udah buat capek2 kalo gak dijalanin sebelll kan hihihihi), oke Not Bad
kemudian control ke panggung utama, hmmm Biasa aja menurutku, Standart bgt deh..dan Akhirnya kira2 pukul 2 Siang Event Rock itu dimulai, dengan dibuka oleh beberapa Band Lokal beraliran Rock, Audience mulai merapat dibawah panggung,
walaupun siang hari mereka tetap keukeh bergoyang mengikuti alunan irama Rock yang dibawakan oleh band-band diatas panggung.saat acara mulai, aku mulai supervisi lagi...khususnya utk kegiatan2 yang ada dalam 6 tenda kami...hhhaaahhh, menurutku amburadul, not perfect..koordinasi
kacau...lemaslah diriku...sesekali aku keluar dari tenda dan nongkrong diatas panggung utama, hahhh makin lama, event ini biasa-biasa aja...males sudah...sedari tadi Kamera Pocket'ku tidak kukeluarkan..males utk mengambil foto...hanya beberapa hal2 unik saja yang saya poto...




ya ini dia beberapa audience di event ini...



Sampai akhirnya Band Netral dari Ibukota naik panggung dan perform, hatiku sudah terlanjur illfill..pengen rasanya event ini segera berakhir dan aku bisa pulang hotel untuk beristirahat...dan akhirnya berakhir juga event ini, diiringi dengan sang surya yang perlahan turun di ufuk barat.......saatnya pulang, saatnya kembali ke hotel...
setelah berpamitan dengen rekan-rekan area, khususnya dengan sang leader dari event ini (eh taunya dia besolk email, dan meminta maaf atas kekurangan pelaksanaan event ini dan meminta masukan utk pelaksanaan event berikutnya, hehehe kayaknya dia ngerasa kalo aku lagi bete ya hihhii)

akhirnya aku berjalan gontai menuju mobil bersama sang manager area yang hari itu bertugas sebagai sopirku hihihi sorry bos...aku terganggu dengan cahaya senja di lapangan murjani itu, dengan sedikit bersemangat Kamera Pocket'ku beraksi....




setelah puas mengambil beberapa foto dari belakang panggung, jalan menuju parkiran....akhirnya aku naik ke mobil, dalam perjalanan pulang ke hotel, hati ini masih tidak puas dengan pelaksanaan event hari ini...TAPI perasaan itu akhirnya hilang ketika melihat sinar indah, lukisan dari tuhan yang masuk kedalam mobil ini...

hahhh biarlah aku menghilangkan perasaan sebal ini dengan kembali bercinta dengan kamera pocket'ku utk mengabadikan senja dibanjarbaru nan indah ini...









Bye Banjarbaru...

4 komentar:

nh18 mengatakan...

Sunset nya Keren Dhal ...
Swer ...

Anonim mengatakan...

Huh, ntar takbales pake sunset Bali!!
Btw, kok bisa kurang koordinasi?
kontrol pren... heheh
Afdhal, kirim postingan lagi ttg keindahan borneo yah? tapi jangan ada foto duren lagi, bikin kepengen!!

Ikkyu_san mengatakan...

terima kasih atas laporan ttg banjar baru. Aku jadi tahu ttg kota temen (net) baikku di situ.

spt kata mas nh...sunsetnya keren. Mustinya minta berhenti sebentar untuk ambil yang bener supaya bisa jelas.... sayang sekali (ya kapan lagi diulang ambil ya).

Heran ya, ini 3 orang (nh,nepho dan afdhal suka motret 3-3nya) apa itu syaratnya utk kerja di situ ya? heheheh.

tabik
EM

pakacil mengatakan...

kalau dilihat dari foto-foto sunset yang terakhir, sepertinya itu berlokasi di daerah Landasan Ulin, Banjarbaru.