Jumat, 28 November 2008

Ayah (1)

Akhir desember 2008 ini, Pulau Borneo akan kedatangan orang yang paling-paling berjasa kepada hidupku...Ya...Ke.2 orang tuaku aku undang untuk datang menengok si bungsu yang berkelana ini dan sekarang sedang mengadu nasib di bumi borneo. Sudah kusiapkan semua, sudah kupastikan tiket PP’nya, Penginapan di Hotel Berbintang, Schedule jalan-jalan, Belanja dan beli oleh2, mengunjungi sodara yang ada di Balikpapan, pokoke wes tak siapke kabeh...


Tiba-tiba aku ingin bernostalgia dengan beberapa pengalaman hidupku dengan mereka, khususnya AYAHKU......

AYAHKU, Dilahirkan dari pasangan petani di sebuah kampung bernama Lisse kecamatan Mattirosompe Kabupaten Pinrang Propinsi Sulawesi Selatang (lengkap amat ya, pake “G’ lagi dibelakangnya hihihi ciri khas orang Makassar.....Makang, Ikang, Komandang,Kewajibang). Sejak masuk sekolah menengah atas Ayahku sudah merantau dari kampungnya ke kota Makassar. Masuk kesebuah sekolah menengah milik pemerintah (Dibawah naungan Dept. Kehakiman) beliau dengan tekun rajin mengikuti pelajaran-pelajaran yang didapatnya, prinsip beliau sudah tanggung jauh dari kampung, sekalian harus sukses. Selepas lulus dari sekolah menengah atas ini, Beliau memutuskan untuk mengambil kesempatan merantau lebih jauh lagi, dan menjadi seorang ‘Pahlawan Trikora”, (walaupun hampir diwaktu yang sama, Ayahku yang hobby bermain bola juga sedang ikut seleksi masuk ke Tim Sepakbola PSM Makassar, ya jaman-jamannya Ronny Patinasarani gitu deh, kata Ayahku dia pernah bertanding melawan Almarhum Legenda sepakbola Indonesia ini ; tapi beliau lebih memilih untuk berangkat ke Papua).
Trikora adalah sebuah operasi saat Pemerintah RI membuat operasi besar-besaran untuk pembebasan Irian Barat (sekarang Irian Jaya/Papua) dari tangan Belanda dan Sekutu-sekutunya. Tapi ayahku bukan menjadi bagian dari pasukan militer pimpinan MayJend Soeharto yang ditugaskan Oleh Presidan Soekarno saat itu, tapi ayahku menjadi bagian lain operasi ini, ya istilahnya “support function” deh, jadi selain militerisasi, pemerintah RI juga mengirim beberapa tenaga Ahli disemua bidang sebagai komitmen untuk menyatukan Papua Barat saat itu sejajar dengan Propinsi-propinsi lain yang sudah menjadi bagian NKRI. Tenaga-tenaga ahli ada yang dibidang kesehatan, tranportasi, pembangunan umum, telekomunikasi dll, dan kebetuan Ayah’ku ini ditugaskan dibagian Hukum (sebuah janji pemerintah RI kepada warga papua untuk membangun disemua sektor).
So wajar aja saya dengan 4 bersaudara semua dilahirkan di Pulau paling timur Indonesia, tepatnya di kota Jayapura.

Beberapa hal yang paling kubanggakan dari Ayahku ini salah satunya adalah; Beliau itu Aktivis Masjid memang kalo soal ibadah, gak ada lawannya deh, (sampai-sampai saat aku mulai meninggalkan rumah untuk mulai berkelana bekerja pindah-pindah kota, beliau Cuma memberikan buku kecil tentang Sholat Dhuha; padahal aku berharap dibekali surat tanah warisan beliau hehehe)
Seingatku tiap masjid yang dekat dari rumah kami, Ayahku pasti jadi pengurusnya. dan entah mulai kapan aktivitas ini meningkat menjadi Imam Masjid dan Khotib/Penceramah Masjid. Awalnya Cuma menjadi Imam Pengganti, lama-lama menjadi imam tetap dimasjid itu, dan juga awalnya Cuma menjadi backup Khotib yang tidak dapat hadir akhirnya beliau juga masuk dalam Daftar Khotib/Penceramah di Departeman Agama Kota Jayapura.

Ada beberapa kejadian berharga yang kudapat baik saat menjadi Makmum’nya ketika beliau menjadi imam. Dan saat mengikuti perjalanan ceramahnya dibeberapa masjid.

Menjadi Imam :
Pernah suatu saat, ketika berangkat bareng jumatan (kebetulan dimasjid yang dekat rumah) dari rumah sampai masjid beliau diam saja, gak tau kenapa, dan saat dimasjid, maklum masih anak-anak selalu mengambil tempat paling belakang, walaupun kami datang agak awal, dan ayahku tetep konsisten mengambil tempat paling depan (fellingku sih beliau hari ini akan menjadi Imam), yup betul saja, saat penceramah selesai berkhutbah dan akan dimulai sholat jumat, suara khas “Allahu Akbar” ‘ayahku terdengar…hmm ayahku menjadi Imam.
Dan yang agak aneh hari itu, dari Rakaat pertama pada bacaan Al Fatekhah nada suaranya udah lain, agak2 mendayu dan cenderung menunjukkan aura sedih, kalo kata Titi DJ “kamu harus berlatih terus, kalo kata Indra Lesmana “saya suka karakter suara kamu, coba lagu dari genre lain”, kalo kata anang “suara kamu tidak berkerakter, kurang maksimal” Halah!!!!!
Apalagi ditambah saat rakaat terakhir beliau sujud lamaaaaaaaa buanget…aku udah gelisah aja, ada apa ini….Ayah aya naon what happen batinku!!!!
Dan yang lebih geger lagi, setelah selesai salam, beliau berdiri dengan gagahnya seperti dengan mata yang bengkak (kayaknya abis nangis), beliau berpidato singkat persis saat Will Smith mendapat piala oscar, “Mari sodara-sodaraku semua, kita berdoa bersama, khususnya Berdoa kepada ke dua orang tua kita tercinta, baik yang masih ada, maupun yang sudah mendahului kita”
Setelah itu beliau duduk lagi dan langsung tanpa membaca tahmid, tahlil dan takbir Beliau membacakan Do’a-Do’a panjang yang selalu di.koorkan AMIN oleh jamaah jumat siang itu dengan kompak, apalagi saat membacakan Doa kepada kedua orang tua ROBBIGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO “ Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah ibuku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu aku masih kecil ”
Dan bacaan diulang berkali-kali dengan nada penegasan dan suara sesenggukan….
Aku melihat sekeliling beberapa jamaah ada yang bingung (nah ini orang-orang yang gak khusuk ibadahnya, seperti diriku juga saat itu), ada juga jamaah yang menggerak-gerakkan kepalanya sambil mengucapkan AMIN..AMIN..AMIN YA ALLAH…
Hhhiiiiiii Ayahku siang itu bikin geger masjid…….
Setelah selesai jumatan, aku masih menunggu ayahku, kulihat dia berbincang-bincang dengan beberapa takmir masjid, kayaknya beliau diwawancarai…..
- Are You Okey Sir??
- Bagemana kabar orang tua bapak?
- Bapak sehat-sehat aja kan
- Ada apa pak, bapak gak salah makan kan
- Halah!!! Wes ah

Dalam perjalanan pulang dari masjid ke rumah, aku memang tidak mau bertanya ada apa, karena aku takut, dan ayahku.....hmmm dia diem aja selama perjalanan pulang kerumah...
Ayahku...ayahku.....


Menjadi Khotib :
Selama menjadi khotib, beliau sudah berpesan kepada panitia (Dept Agama) penentuan Khotib Sholat Jumat maupun khotib saat bulan ramadhan, beliau tidak mau ditempatkan di Masjid-Masjid High Class, alias mesjid-mesjid besar, beliau lebih suka ditempatkan di mesjid-mesjid kecil, didalam gang, dalam kampung, diatas gunung, ataupun masjid-masjid dipinggir lau kampung nelayan. Menurut beliau saat menjadi pengurus masjid (dan beliau terbiasa mengurus masjid-masjid kecil) Khotib-khotib yang sudah ditunjuk oleh Dept Agama, jarang yang hadir sesuai schedule untuk masjid-masjid kecil, tapi kalo khotib-khotib itu mendapat jatah di masjid-masjid besar, pasti on time, nah hal itulah yang membuat ayahku “dendam’ dan “bersumpah’ kalau menjadi khotib suatu saat nanti, dia hanya ingin berceramah di Masjid-masjid second city, ya agak-agak sub urban atau rural sekalipun.
Kata ayahku sih, males aja kalo khutbah dimasjid-masjid besar, apalagi kalo masjid yang banyak didatangi para pejabat, apapun topik yang dibawa kurang mengena, dibanding berceramah dimasjid-masjid kecil yang sedikit jamaahnya, kemungkinan Dakwah yang dibawakan seorang khatib Insya Allah ada manfaatnya, ya ato mungkin juga ayahku kurang pede kallli kalo ceramah didepan para pejabat dan orang-orang besar dikota itu.
Salah kebiasaan ayahku kalo mendapat jatah ceramah jumat, materi yang akan dia bawakan, pasti diprepare jauh-jauh hari, dan kebiasaannya pasti ditulis di.sebuah buku, dan pada hari H pasti beliau pulang kantor cepat, ya kira2 jam 10.30 dia udah dirumah, duduk sendiri diruang tamu, dan melakukan Gladi Bersih, ceramah sendiri...hihihi...itupun dilakukan dengan bersuara lho, jadi seakan-akan dia sudah memposisikan didepan mimbar dan menghadap jemaahnya,waw....beliau betul-betul memprepare dengan baik untuk ceramahnya. Pernah sih aku iseng-iseng nanya, kenapa sih harus mempersiapkan ceramah seriussss banget, dan beliau menjawab “Ayah kan nanti ceramah, ceramah itu sama dengan dakwah, dakwah itu sama dengan ibadah, apalagi dakwah itu menyampaikan pesan Nabi, Ayah TIDAK BOLEH salah menyampaikannya” hihihih sepakat ayahku.
Dan satu lagi, kalo beliau mau ceramah, dia selalu on time, kalo perlu lebih duluan datang daripada takmir masjid...busyett dah, pokoke persis Jenderal Tsun Tzu kalo mau berperang.
Sebuah pengalaman mengikuti ceramah beliau, adalah saat bulan Ramadhan, kebetulan beliau mendapat jatah ceramah diakhir-akhir bulan ramadhan dan tentunya dimasjid-masjid kecil. Dari siang hari beliau sudah mempersiapkan bahan pidatonya, dan setelah buka puasa kami berangkat ke TKP. Kebetulan masjidnya agak jauh dari rumah, dan masjid ini berada dilokasi kampung nelayan. Setelah memarkir mobil (dan kami harus berjalan kaki lagi kemasjid), takmir masjid sudah menjemput kami (konon katanya jarang ada khotib utusan dari Dept Agama yang ceramah disini, biasanya kalo khotib tidak datang, mereka akan langsung sholat tarweh), kami dibimbing menuju ke masjid, masjid ini berada dipinggir laut, tepatnya diatas air boooo, karena kampung nelayan yang biasanya merupakan rumah panggung, maka masjid ini bisa disebut juga masjid panggung, angin laut sepoi-sepoi dan bau air laut serta bau ikan asin yang dijemur didepan rumah warga menyambut kedatangan kami dimasjid itu.
Aku tetap mengambil tempat paling belakang, dan ayahku duduk didepan mimbar. Setelah selesai sholat isya, panitia/takmir masjid membacakan ritual seperti saldo kas masjid, jadwal buka dan imsyak, dan saat menyebutkan nama ayahku sebagai penceramah malam itu, seisi masjid (kira-kira 20 orang) memandang tajam ke ayahku dan tentunya memandangku juga, secara hanya kami berdua orang asing yang berada dimasjid itu.
So Berdakwalah Ayahku...seingatku malam itu ayahku membawa Tema Habbluminallah- Habbluminanass, intine sih menunjukkan korelasi antara hubungan sesama manusia dan hubungan antar manusia dengan Allah sang maha pencipta, kulihat yang menarik dari ceramahnya adalah ayahku selalu memberi contoh-contoh kongkrit dengan apa yang terjadi sehari-hari dikehidupan, dan yang membikin tambah menarik adalah Nada suaranya yang lantang, tegas dan peach kontrol yang selalu terjaga, saya lihat malam itu ayahku mampu membius warga kampung nelayan itu, sampe-sampe salah satu warga yang berada disampingku berbisik “wah...wah...baru kali ini kami dapat khotib yang bagus”....Ceileh..suit...siut..... Ayahku tea !!!!!!
Ayahku juga yang menjadi Imam sholat taraweh malam itu, dan saat kami pulang, kami diantar oleh takmir masjid sampai diparkiran mobil yang jauhhhhh dari masjid, saat ayahku mau naik mobil kulihat takmir mesjid itu menyelipkan amplop putih ditangan ayahku sambil berjabat tangan...dan apa yang terjadi, kulihat senyum menyembul dari bibir ayahku, dia menerima amplop itu dengan baik, dan kulihat lagi ayahku tambah tersenyum dan menyelipkan amplop itu didalam kantong......tapi didalam kantong baju koko takmir masjid itu yang aku tidak tau lagi baju koko itu sebenarnya berwarna apa, putih enggak, kuning enggak, biru muda pun enggak, apalagi merah...enggak kalllllleeeee....
Padahal aku udah membayangkan, wah bakal dapat jatah nih buat tambahan beli baju lebaran....tapi setelah ayahku mengembalikan amplop itu kepada takmir masjid, beliau berbisik pelan kepadanya “sudah gak usah, simpan aja buat masjid, buat tambah-tambahn masjid ya”.....dan saat kami mau pulang, takmir masjid itu berpesan “Pak,kalo kami undang kapan-kapan untuk ceramah lagi dan makan ikan mau ya pak”, ayahku Cuma tersenyum aja dan bilang “Yoi, Jolly stroberry...”
Dalam perjalanan pulang kerumah, aku bertanya “kenapa amplopnya dikembalikan ayah!!!” dan beliau menjawab dengan santainya “Lu Gila apa Bro, lu gak gak liat, jamaahnya berapa tadi dalam masjid, gak dengar juga tadi, uang kas masjid mereka berapa sih, gak kerasa juga tuh masji dah goyang-goyang, kena ombak besar pasti roboh, mosok masih tega menerima uang itu, mungkin tadi dalam amplop itu berisi semua uang kas masjid mereka, secara jarang ada khotib yang ceramah disitu, biarlah uang itu berguna bagi mereka untuk membangun masjidnya, oke (sambil beliau menyelipkan sebuah haditz tentang jangan mengambil hak orang lain dan rezeki yang ada pada kita sekarang belum tentu punya kita semua
Hmmm “oke deh kakak, lanjuttttttt
Ahhhh...Ayahku...Ayahku......

To Be Continued......

Senin, 24 November 2008

kucing

entah kenapa sore itu aku begitu iseng....

lagi nongkrong didepan rumah lihat orang2 kantor ayahku sedang bermain Tenis..(kebetulan di.komplek perumahan dinas yang kami tempati didepannya ada lapangan tenis, jadilah aku menjadikan kegiatan soreku adalah melihat orang bermain tenis)...
tiba2 ada seorang teman Sma yang datang dengan motor honda astrea prima yang sudah butut (kayaknya lebih butut dari Opletnya mandra deh..!!),

gak tau juga kata temenku juga iseng2 mampir maen ke. rumah, dan lebih isengnya lagi, tiada angin tiada hujan tiba2 aku kepengen meminjam motornya..ya pinjem aja, jalan2 keluar dari komplek perumahan dinas. (mungkin sudah terlalu bosan hidup didalam komplek perumahan apa ya, jadi begitu ada peluang keluar, hatiku gembira seperti Homer kalo lagi ketemu Bir)
temenku juga gak tau kok mau aja kupinjam motornya dan kutinggalkan dia menonton orang maen tenis..(mungkin dia gak pernah liat orang maen tenis langsung kali yee, secara rumahnya agak dipinggiran kota jogja, n udah masuk Kabupaten Bantul boooo!!!)

setelah keluar dari kompleks perumahan aku juga tidak tahu mau kemana, wes pokoke jalan aja mengikuti kemana maunya motor ini membawaku... karena Nawaitu'nya tadi iseng, aku juga tidak pake helm sodara..sodara
tidak sampe setengah jam keliling2 (dan kebetulan keliling2'ku tidak terlalu jauh dari kompleks perumahan) aku memutuskan untuk kembali ke.rumah...dengan kecepatan 10-20 KM/jam aku menikmati udara yang menerpa wajahku sore itu, dan bermimpi dibelakang jok motor ini ada seorang bidadari yang memelukku mesra, yo kiro-kiro ben koyo Junedi Salat membonceng yati Octavia di Film Ali Topan Anak jalanan gitu deh!!!!

sedang asyik-asyik bawa motor, kulihat dari jauh ada makhluk tuhan yang bernama kucing mau nyebrang jalan, tapi dia sedang berhenti dipinggir jalan, mungkin sedang ingin mempraktekkan pesan mak'nya kali ye, kalo nyebrang liat kiri kanan, tapi lihat raut wajahnya, kayaknya tuh kucing gak mo nyebrang deh, dia lagi pengen narsis dipinggir jalan memamerkan bulu'nya yang indah...

so dengan pedenya si ali topan anak kesepian yang meninjam motor teman ini tetep melaju dimotornya...eh tiba-tiba, mak mbedundug si kucing nyebrang dengan kecepatan tinggi

motorku yang kubawa tidak dapat ku.kontrol lagi, terasa ban belakang motor seperti menginjak sesuatu,kubayangkan kucing itu pasrah tidak bisa menghindari tabrakan ini

dan apa yang terjadi sodara-sodara umpan lambung Ribut Waidi dari sayap kanan disambut iswadi idris dengan kontrol dada dan dioper ke Bambang Nurdiansyah, sekali sentuh dan Golllllllll...lho kok malah kayak Sambas si reporter siaran langsung di. TVRI jaman dulu ya :)
gak deng...ibu2 yang kebetulan melihat kejadian itu berteriak..bukan berteriak kegirangan saat dikunjungi krisna mukti di.acara cuci piring lho, tapi berteriak histeris,

gak tau deh yang diteriaki tuh karena kasihan ama aku, or kasihan ama kucingnya ya, hmm pasti kasian ama kucingnya...

motorku sedikit oleng, tapi karena aku punya pengalaman test drive motor ducati bersama casey stoner jadi walopun oleng masih bisa kukendalikan hehehe..karena takut itu kucing ibu2 yang teriak atau kucing peliharaan orang, maka aku berhenti, tapi sayang kucing itu telah lari terbirit-birit masuk ke kebun orang..

aku berusaha mencarinya tapi tidak ketemu, ya sudahlah..dan ibu2 yang ada disitu pun menyarankan untuk ditinggalkan saja...
tapi aku takut kucing itu sudah mati...


baeklah ali topan akan melanjutkan perjalanan


kira-kira tinggal 50M lagi aku masuk ke kompleks perumahan, tapi tiba-tiba lagi kok aku iseng "ahh lanjut lagi muter bentar"
tapi apa yang terjadi sodara-sodara, diluar nalar logika saya, saya tidak tahu kenapa tiba-tiba gas motor ini mendadak kencang.....tiba2 aja gas motor ini tidak bisa dikurangi lagi, motor ini melaju dengan kencang tanpa bisa kukendalikan, usahaku untuk menurunkan gas sia-sia karena gas motor ini tetep keukeuh dengan kecepatan kira2 50Km/Jam, Ya Allah kenapa bisa begini,..felling MyGiver'ku pun timbul, dengan nekat aku akan mematikan kunci kontak motor itu, tapi apa daya, tetap tidak bisa, kuncinya tidak bisa dimatikan...MATI AKU !!!!!
Motor masih tetap meluncur kencang, dan didepanku terlihat jelas sebuah perempatan tanpa lampu merah, Ya Allah apa yang akan terjadi,

semakin dekat dengan perempatan itu, semakin banyak Do'a kuucapkan, entah itu Do'a mau makan, Do'a Mau TIdur, Do'a Abis Wudhu, Do'a mo masuk WC pokoknya Do'a-Do'a yang aku ingat, bahkan sampe Do'a kepada kedua orang tuapun tidak lupa kuucapkan, coba kalo perempatan itu masih jauh pasti aku dah Ngaji Surat Al Baqarah kallli...

apa yang terjadi saat sampai diperempatan itu..
Subhanallah, Maha Suci Allah, Alhamdulillah diperempatan itu tidak ada mobil ataupun motor yang lewat dan tiba-tiba juga setelah melewati perempatan itu, kecepatan motor berkurang dan gas motor bisa kukendalikan lagi.
ALHAMDULILLAH....
aku langsung pulang balik dengan mengendarai motor ini pelan-pelan. pokoknya hati-hati banget, seperti mengendap-endap layaknya si Jerry mo nangkap si TOm dalam film kartun Tom & Jerry .... Begitu sampe didepan rumah, langsung aja kukembalikan motor itu kepada temanku, dan kuceritakan kejadian ini
Fffuiiihhhhhh......temanku tidak percaya, dan langsung dia coba didepan kompleks perumahan, dan memang motor itu tidak apa-apa, dan temenku meragukan kejujuranku...

"Gundulmu pren, lha wong aku hampir mati jhe!!!!"
yo wes langsung aja kusuruh temanku pulang dan aku segera masuk rumah, mandi BESAR dan Sholat Asyar...
hiiiiiiiii takutttt

apakah ini karena aku nabrak kucing tadi ya...

sebelum kejadian ini aku tidak pernah percaya kata-kata orang yang menyebutkan kalo nabrak kucing dan ditinggal pasti terjadi sesuatu pada kita....aku tidak pernah percaya
TAPI setelah kejadian itu sampe sekarang, aku paling takut kalo bawa mobil dan melihat kucing yang mo nyebrang, ampunnn dehhh
gak mo lagi kejadian seperti ini
ampunnnnnnn

Sabtu, 22 November 2008

Nasionalisme Dashyat Si Naga.

Nagabonar jadi 2, Pernahkah anda melihat film ini

Sebuah film hebat Indonesia di Abad ini. Memang dari pengambilan gambar dan alur cerita menurut saya belum maksimal, TAPI ada beberapa adegan yang dilakukan si Nagabonar senior ini yang bikin aku merinding.
Sebuah film tentang Nasionalisme yang tentunya tidak gampang dibuat.

Liat saja, saat bagemana Nagabonar yang menangis didepan Patung Jenderal Soedirman yang sedang berpose Hormat
“Jenderal, turunkan tanganmu, untuk apa kau hormat orang2 dan mobil yang lewat ini, harusnya mereka yang hormat kepadamu Jenderal”...”Turunkan Tanganmu Jenderal, Turunkan Tanganmu”
Benar apa yang dia bilang, untuk apa Patung Jenderal Besar kita itu berpose hormat, apakah untuk menunjukkan bahwa dia seorang anggota militer yang hanya bisa hormat, seharusnya Patung Sang Jenderal berpose berpangku tangan. Supaya menunjukkan bahwa “Inilah Gue, Jenderal yang bisa mengusir penjajah dari tanah air tercinta”
Sebuah semangat Nasionalisme yang ditunjukkan Naga Bonar seharusnya benar2 menampar kita. Apakah kita2 yang pernah melewati Patung itu merasa sedang melewati sebuah patung jenderal besar pemberani yang pernah dimiliki Negara kita, atau jangan2 kita lupa bahwa ada patung ditempat itu, ataukah kita malah tidak tau bahwa Patung Itu adalah Patung Jenderal Besar Soedirman, sang Jenderal yang terkenal dengan taktik Gerilya.
Siapa yang tidak merinding mendengar Nagabonar menangis sesenggukan sambil memanjat patung setinggi 6,5 M itu sambil berusaha menurunkan tangan sang jenderal. Benar Naga, anda benar, bukan Jenderal yang harus hormat kepada kita, tapi KAMI lah yang harus menghormatinya...
TURUNKAN TANGANMU JENDERAL
KAMI HORMAT KEPADAMU JENDERAL


Di Adegan lainnya, saat nagabonar mengunjungi Taman Makam Pahlawan,
liat saja mimik wajahnya yang sangat sedih, dengan diiringi backsound yang menggetarkan jiwa, lihat seorang jenderal Nagabonar kembali menangis, menangisnya bukan sembarang menangis, tangisan itu adalah sebuah respek besar kepada para pahlawan yang telah gugur membela kemerdekaan bangsa indonesia tercinta.
Sang naga tidak mampu berkata apa-apa, selain sebuah penghormatan besar kepada para pahlawan kita.

Liat juga bagemana seorang anak kecil yang memimpikan bisa mendengar cerita langsung dari pelaku sejarah pertempuran. Liat juga bagemana saat sang Naga dengan antusias yang Luar biasa menceritakan pertempurannya dengan Belanda kepada anak itu. Peran yang dimainkan oleh Dedy Miswar ini begitu menyentuh emosi, bagaimana mimik wajahnya dan gerakan tangan saat menceritakan pertempuran itu, ada sebuah emosi nasionalis yang dimainkan olehnya.

Kemerindinganku semakin bertambah diakhir film, saat Nagabonar mengikuti acara pengibaran bendera, liat saja ditengah teriknya panas, dengan Gagah Berani sang jenderal (yang tidak pernah takut sama siapapun kecualinya si emak’nya) Hormat kepada Bendera Merah Putih yang sedang dikerek untuk berkibat. Terlihat jelas dimatanya, bagaimana Dahsyatnya Nasionalisme yang mengalir didadanya, Tubuhnya Bergetar saat hormat kepada bendera Merah Putih. Dengan diiringi lagu ciptaan WR Supratman membuat semangat Nasionalisme itu semakin bergelegar didadanya. Apalagi saat Nagabonar hampir terjatuh saat bendera belum sampai puncak, liat apa yang dikatakannya saat anak2 berusaha menahan tubuh nagabonar agar tidak terjatuh...
“TAHAN, JANGAN SAMPAI AKU TERJATUH SEBELUM BENDERA MERAH PUTIH BERKIBAR DI. ANGKASA”

Ahh merinding awak dibuatnya....mungkin hampir sama merinding seperti cerita seorang teman yang merinding ketika menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersama Puluhan Ribu Suporter Indonesia di Senayan saat Piala Asia Lalu.

Teringat aku beberapa waktu lalu saat pulang kantor sore hari, begitu keluar dari parkiran, aku menghentikan mobilku saat melihat Security kantor menurunkan bendera MERAH PUTIH dari tiang. Langsung pikiranku menerawang sedang melihat seorang Jenderal Nagabonar yang berusaha bertahan untuk tidak terjatuh saat mengHormati Bendera Merah Putih...

Aku merindukan film2 kita lainnya yang bisa membangun semangat nasionalis seperti Nagabonar jadi 2 ini.

BERKIBAR TERUS MERAH PUTIHKU

Kamis, 20 November 2008

lapotuak

apalagi sih ini.......
ada-ada saja si "warung tuak" ini...

kenapa sih harus "Nabi" yang kau angkat dalam Blog wordpress itu.
tidak adakah tema lain yang bisa kau angkat bang.
keadaan sudah seperti ini, harus kau perparah lagi dengan kartun yang bisa bikin kemarahan massal dari kaum muslimin.
mendengarnya saja bikin aku geram
apalagi kalau sudah melihatnya.

segera tangkap dan adili LAPOTUAK itu !!!!!!!

Waktu'ku kecil


Kamis, 13 November 2008

TANPA MATA

- Laptop katrok nan kutukupret itu sudah di.sobbekkh-sobbekkhh -

tiada lagi suara Hiyaa..hiyaa..hiyaa dari penonton
Puassss...puassssss..... kita akan kehilangan 'slogan" itu
Silent Please !!!.... kangen deh dengerin kata-kata itu
karena menghadirkan seorang pemakan serangga, so komisi siaran memutuskan untuk memberhentikan siaran ini.

mulai bulan juni 2006, seorang Pria dari Perbalan, Semarang Jawa Tengah membuat hampir sebagian besar besar penonton TV selalu mengarahkan remote control TV'nya untuk menyaksikan EMPAT MATA. bisa dibilang dia menjadi Most Wanted'nya masyarakat indonesia, yang sudah bosan melihat siaran yang isinya hanya kekerasan dan keributan saja.
Kehadiran siaran ini dan tentu Host'nya membuat masyarakat kita bisa melepaskan penat dan masalah yang ada.
Dari hari ke hari juga selalu menghadirkan bintang tamu yang dibuat keki dengan tingkah laku'nya, ditambah lagi Kolaborasinya dengan Pepi, Ngatini Vega n team akan kita rindukan.

Gara-gara Sumanto n The Gank yang menampilkan "ketrampilan" mereka yang diluar batas, maka untuk sementara waktu (mungkin selamanya)

TUKUL tidak hadir lagi mengisi malam hari kita. ah entah sapa yang salah, apakah kesalahan team kreatif'nya dengan konsep itu, atau memang ada pihak2 tertentu yang menginginkan siaran ini tidak muncul lagi...EGP !!!

bukan bermaksud kasihan kepada Tukul, dia mah sudah Kaya Raya, sudah mempunyai usaha yang cukup untuk menghidupinya, apalagi usaha rumah kontrakannya yang akan core bisnis dia kedepan, bukan masalah Tukul.
Tapi masalah pilihan hiburan kita makin berkurang, secara pada jam yang bersamaan di TV lain hanya menghadirkan Sinetron-sinetron dengan tema yang sama...
apakah pengganti EMPAT MATA ini bisa sesukses EMPAT MATA...hmm gak ngerti.
tapi saat melihat TANDA MATA (pengganti EMPAT MATA) launch pertama kali, kelihatan bahwa Parto dan Didin sangat kewalahan, kelihatan sekali ada beban di.pundak mereka, mereka hadir untuk menggantikan siaran yang fenomenal, tidak lebihnya saat Abdee, Ridho dan Ivan yang terbebani sebagai pengganti Pay, Indra dan Bongky sebagai punggawa Slank yang baru, sampai secara resmi meminta ijin+Restu dari Slanker's sebagai punggawa Slank yang baru..
Lihat saja tampang Pepi yang tidak maksimal, dan si Ngatini-Vega (ah makin cantik aja dia) terlalu memaksakan untuk perform. mungkin saja karena baru siaran pertama mereka masih kagok, ya kita liat nanti deh...
Mudah2an bisa menggantikan kerinduan kita akan EMPAT MATA..

EMPAT MATA menjadi TANDA MATA....
seakan TANPA MATA

Kalah Maning

2 minggu ini merupakan minggu menyesakkan bagi klub bola kesayanganku...

Liverpool :
Per 1 november 2008, Pimpinan klasemen Liga Inggris akhirnya direbut chelsea.
The Reds yang datang ke Stadion White Heart Lane London dengan gagahnya sebagai sang pemimpin klasemen tersenyum lebar saat di babak awal Dirk Kyut membuat Liverpool memimpin pertanding, tapi gol bunuh diri garragher meruntuh semangat anfield gank, dan akhirnya di injury time saat semua pendukung liverpool sudah siap menerima hasil seri dan tetep akan memimpin klasemen diruntuhkan dengan gol dari pavlyuchenko dan membuat skor akhir berakhir 2-1 untuk Totenham. sementara di tempat lain, Chelsea yang bermain didepan pendukungnnya sendiri membantai sunderland 5-0 tanpa balas. so resmilah Chelsea memimpin Klasemen.
minggu berikutnya (8-9 Nov 2008), Liverpool berharap Chelsea tersandung di kandang Blackburn, namun apa daya Blackburn tidak sanggup menahan chelsea dan akhirnya kalah 0-2 dan membuat Chelsea tetep kokoh di puncak klasemen, sementara 3 gol liverpool di kandang WBA di. anfield terasa percuma...
huhhhh gagal maning...gagal maning...
minggu ini semakin menyesakkan, saat dinihari tadi pada penyisihan Piala carling, Liverpool dibantai lawan yang sama 2 minggu yang lalu dengan skor telak 4-2...
benar-benar minggu yang menyesakkan


Milan :
AC Milan yang masih memimpin klasemen liga italia, bertandang ke kandang Lecce dan berharap bisa memenangkan pertandingan ini dan tetep mempertahankan Capolista, tanda-tanda ini terlihat saat Ronaldinho mampu membawa Ac Milan unggul 1-0 dan sampai menit 90 skor ini tetap bertahan, sayang lagi-lagi injury time, sebuah tendangan bebas dari Esposito pemain Lecce GOL dan merubah skor menjadi Draw 1-1 dan bertahan sampai akhir pertandingan.
sementara pendukung Inter Milan di San Siro dibuat Deg-deg'an dengan perlawanan sengit dari Udinese, sampai menit 90 Udinese mampu merepotkan inter milan, SAYANGNYA pada injury time sebuah tendangan sudut dari David suazo mampu diselesaikan dengan sempurna oleh Cruz sehingga menjadikan gol dan membuat Inter Milan merebut Capolista dari AC Milan
Sh***t, Injury time maning...


PSIM :
nah ini Klub Lokal kesayanganku, seperti yang sudah kuceritakan di PSIM....
Team ini makin lama, makin ancurrrrrr, tapi anehnya tetep saya suka dan selalu pantau..
Dalam lanjutan Divisi Utama Liga Indonesia (29-10-08), bermain melawan saudara mudanya Persiba Bantul di Stadion Kebanggan warga jogja Mandala Krida, PSIM dibuat tidak berkutik dan kalah 0-2, dua gol ini dicetak oleh mantan pemain PSIM (Seto & Ugik)
ancurrnnyaaa PSIM dari Persiba Bantul dilanjutkan lagi, dalam penyisihan babak 48 Besar COPA DJI SAM SOE (8-11-08), dimana kali ini bermain di Kandang Persiba Bantul, PSIM tidak berdaya dan dihajar 4-1...
ancurrrrrrrrrrrrrrrrrrrr
eh ditambah lagi kemarin saat lanjutan Divisi Utama, PSIM yang bermain dikandang tidak mampu menahan gempuran dari arek-arek PERSEBAYA, skor 0-1 untuk persebaya yang dibuat oleh javier Rocha menambah penderitaan PSIM
benar2 ancurrrrrrrr

hahhh...2 minggu ini cukup menyesakkan bagi klub sepakbola kesayanganku..
mudah2an Minggu ini Liverpool & Milan kembali ke puncak Klasemen
dan mudah2an PSIM bisa bangkit lagi dalam pertandingan-pertandingan berikutnya
AMINNN

Starlight

Far away
The ship is taking me far away
Far away from the memories
Of the people who care if I live or die

Starlight
I will be chasing the starlight
Until the end of my life
I don’t know if it’s worth it anymore

Hold you in my arms
I just wanted to hold
You in my arms

My life
You electrify my life
Let’s conspire to ignite
All the souls that would die just to feel alive

But I’ll never let you go
If you promised not to fade away
Never fade away

Our hopes and expectations
Black holes and revelations
Our hopes and expectations
Black holes and revelations

Hold you in my arms
I just wanted to hold
You in my arms

She's the One

I was her she was me
We were one we were free
And if there's somebody calling me on
She's the one
If there's somebody calling me on
She's the one

We were young we were wrong
We were fine all along
If there's somebody calling me on
She's the one
When you get to where you wanna go
And you know the things you wanna know
You're smiling
When you said what you wanna say
And you know the way you wanna play
You'll be so high you'll be flying

Though the sea will be strong
I know we'll carry on
Cos if there's somebody calling me on
She's the one
If there's somebody calling me on
She's the one

When you get to where you wanna go
And you know the things you wanna know
You're smiling

When you said what you wanna say
And you know the way you wanna say it
You'll be so high you'll be flying

I was her she was me
We were one we were free
If there's somebody calling me on
She's the one
If there's somebody calling me on
She's the one

Selasa, 11 November 2008

MANA??.........sebuah puisi

beriku kepastian
tuk dapatkan sinarmu

ini aku mencarimu
untuk sebuah sinarmu

setiamu pada mendung
membuat langitku hening

datanglah dengan sinarmu sini...
kapan kau bersinar secerah hatiku siang tadi

oh bintang...





wah bisa juga aku buat puisi ya..
Ya Iyalah gak ada bintang, lha wong mendung

Cos you're so great, and I love you

Sad, drunk, and poorly
Sleeping really late
Sad, drunk, and poorly
Not feeling so great
Wandering lost in a town full of frowns
Sad, drunk, and poorly
Dogs digging up the ground

And I feel the light
In the night and in the day
And I feel the light
When the skys just mud and grey
And I feel the light
When you tell me its ok
Cos youre so great, and I love you

Dt and coffee
Helps to start the day
Dt and coffee
Shaking all the way
Citys alive and, surprise, so am i
Tea, tea and coffee
Get no sleep today

And I feel the light
In the night and in the day
And I feel the light
When the skys just mud and grey
And I feel the light
When you tell me its ok
Cos youre so great, and I love you


-BLUR-

Senin, 10 November 2008

Beautiful Borneo (My Capture ; 2)

Senja di Banjarbaru....



Dari sebuah perjalan singkat ke kalimantan selatan...26 Juli 2008. Sabtu sore, dari bandara sepinggan balikpapan, sendirian naik pesawat batavia menuju banjarmasin.tiba di bandara syamsudin noor banjarmasin, menjelang maghrib dengan menumpang taksi bandara akhirnya perjalanan 30 menit yang membosankan kulalui juga, dan
malam itu aku tidak keluar dari hotel lagi, lebih menikmati tidur nyenyak di hotel bintang 4 ini.tapi tidurku malam itu agak terganggu, karena dihotel ada acara ultah hotel dan diadakan di pinggir kolam renang dengan musik2 yang cukup mengganggu tidurku
malam itu.
setelah sarapan pagi (27 Juli 2008) di hotel rattan in banjarmasin, kembali merebahkan diri dikamar hotel, sambil menyiapkan "alat perangku" untuk menghadiri
event.handuk kecil, kacamata hitam dan tentunya KAMERA POCKET'ku tercinta kusiiapkan, akhirnya sang penjemput datang (manager area banjarmasin), akhirnya kami berdua menuju kota Banjarbaru untuk menghadiri sebuah event road show yang aku buat
di 3 kota (samarinda, Balikpapan dan banjarmasin), dari ke.3 kota itu hanya kota banjarmasin yang sempat aku datangi, sementara 2 kota lainnya aku tidak dapat hadir karena sedang berada di bumi borneo bagian barat.


event ini akan digelar siang sampai sore hari, konon karena tidak dapat ijin dari pihak berwajib, makanya event ini digelar siang-sore hari, apalagi dengan tema ROCK pastinya lumayan rame nih (pikirku)..perjalanan dari banjarmasin menuju banjarbaru kira2 1 jam lebih dikit, kami juga sempat mampir makan siang disebuah rumah makan ayam (aku lupa nama rumah makan itu, tapi AYAM UENAKKKK TENANNN, Mak nyossss; sampai tambah 1 porsi lagi)..setelah makan kami melanjutkan perjalanan dan akhirnya sampai juga kami di Lapangan Murjani KOtamadya Banjarbaru.



Lapangan ini berada ditengah2 komplek perkantoran kotamadya banjar baru, dan lebih tepatnya sih ini bukan lapangan, melainkan seperti tempat parkir yang luassss banget, memang disebelahnya ada lapangan rumput, tapi untuk lapangan Murjani Banjarbaru ini orang lebih tau dilapangan beraspal ini adalah lapangan murjani.

kok bisa banjarbaru ya namanya, kok bisa lapangan murjani ya namanya...tenang sodara-sodara ceritanya begini....
disuatu waktu dijaman dahulu kala, disebutkan bahwa pulau kalimantan ini adalah 1 Propinsi, yaitu propinsi Kalimantandengan Gubernur yang bernama dr. Murjani. Propinsi ini beribukota di Kota Banjarmasin. kota Banjarmasin ini dikenal dengan julukan kota seribu sungai dengan sungai Barito yang terkenal, belum lagi sungai2 kecil lainnya. nah keberadaan sungai2 kecil inilah kota banjarmasin paling sering kebanjiran dan tentunya kena serangan nyamuk. sebagai Dokter Murjani merasa perlu melakukan tindakan agar masyarakatnya tetap sehat untuk beraktivitas, apalagi ditambah banjir yang cukup mengganggu aktivitas masyarakatnya (dan konon juga banjir sampai ke kantor gubernur lho, kalau sedang apel/upacara digubernuran selalu tdk bisa dilaksanakan karena banjir) so sang dokter memutuskan untuk mencari tempat baru utk membangun sebuah pusat pemerintahan propinsi banjarmasin, dan tentunya tidak mau ditempat yang dekat dengan sungai dan rawa, harus ditempat yang padat. so setelah searching-searching (tentunya gak diinternet dan google earth lho, lha tahun 50'an je...),
dokter murjani yang menunjuk seorang ahli asal luar negeri memutuskan untuk memindahkan pusat pemerintahaan di Banjarbaru, daerah yang tanahnya padat dan aman tentunya. akhirnya ditemukan sebuah tempat yang cuocok untuk itu. dan dinamakanlah daerah itu dengan nama Banjarbaru, karena akan menjadi banjarmasin yang baru, so disingkat banjarbaru...

TAPI sayang seribu sayang, belum sempat hal itu terjadi (pemindahan ibukota propinsi kalimantan dari banjarmasin ke banjarbaru) eh keburu keluar keputusan pemerintah kalo kalimantan akan dibagi menjadi 4 Propinsi nah loh....karena prosesnya yang lama juga so keburu Pak Dokter Murjani Meninggal Dunia, yah proses ini mandeg, tapi wes kadung aware kalo akan ada kota banjarbaru, so masyarakat yang ada dibanjarbaru juga sudah terlanjur senang,
TAPI berubah lagi tujuan utama tadi, dari pemindahan ibukota dari banjarmasin ke banjarbaru, menjadi Banjarbaru berdiri sendiri..hahhhhh !!! capeee dehhh, akhirnya dengan keputusan. pemerintah tahun 1970-an Banjarbaru menjadi Kota Administratif. jadi Banjarbaru sekarang adalah Kota sendiri dan dipimpin oleh seorang walikota, tapi warga tidak melupakan jasa sang Dokter mantan Gubernur, makanya lapangan utama di banjarbaru (kalo dijawa biasane disebut Alun-Alun) diberi nama dengan nama Lapangan Murjani, lapangan tempat diadakan event yang akan kukunjungi ini.kota Banjarbaru ini terletak diantara Kota Banjarmasin dan Kota Martapura..tau kan Martapura, yang terkenal dengan Intan dan Batu Alamnya...
Tapi jangan salah, Di Banjarbaru juga ada beberapa tempat yang merupakan penghasil intan dan batu alam lho, sayangnya penghasilan banjarbaru dari Intan dan batu alamnya ini lebih banyak contribute ke Kota Martapura.Banjarbaru sebenarnya terbentuk secara tidak sengaja, karena daerahnya yang agak sedikit berbukit (sedikt lho...jangan dibayangkan banyak bukitnya) sehingga tanah didaerah ini cukup padat, dan sudah disebutkan diatas bahwa banjarbaru juga merupakan daerah penghasil intan...konon katanya daerah ini sering dilewati truk-truk yang mendulang intan dan batu alam, maka beberapa orang berinisiatif membuka warung kopi dan kue2 disekitar jalan yang dilewati truk-truk tersebut, dan memang tempat itu menjadi andalan orang-orang yang lewat ke tempat pendulangan intan dan tentunya sopir-sopir truk yang mampir ngopi dan makan kue. lama kelamaan wilayah tersebut semakin rame, seiring dengan makin banyaknya tempat pendulangan, banyaknya orang datang, dan banyaknya truk-truk yang masuk, warung-warung itu juga semakin rame, so lama kelamaan tempat ini menjadi semacam kampung dan berkembang (wah rupanya konsep STP dalam Marketing dari dulu
sudah ada ya, orang-orang sudah tau SEGMENTASI'nya kemudian men-TARGETING'kan konsumen dan men-POSITIONINGkan produk yang dijual....cikk..cikk..cikkk luar biasa hehehehe)....
dan sampailah saat bapak dokter murjani sang Gubernur Pulau Kalimantan menggagas untuk memindahkan ibukota ke sono, dan seiring waktu konsep itu tidak terlaksana, karena ya itu tadi, seperti sudah dibahas diatas, masyarakat banjarbaru keukeh dengan pendiriannya bahwa Banjarbaru is Banjarbaru, jadilah banjarbaru sekarang sebuah kota Administratif.

loh...loh...kok malah mbahas banjarbaru...kembali ke topik menghadiri event......
sesampainya di Lapangan Murjani Banjarbaru, langsung saja saya melihat tenda dan counter2 kami, apakah team area sudah melakukan seperti yang saya minta dalam directive yang saya buat (ceilehhhhh, YA IYALAH, udah buat capek2 kalo gak dijalanin sebelll kan hihihihi), oke Not Bad
kemudian control ke panggung utama, hmmm Biasa aja menurutku, Standart bgt deh..dan Akhirnya kira2 pukul 2 Siang Event Rock itu dimulai, dengan dibuka oleh beberapa Band Lokal beraliran Rock, Audience mulai merapat dibawah panggung,
walaupun siang hari mereka tetap keukeh bergoyang mengikuti alunan irama Rock yang dibawakan oleh band-band diatas panggung.saat acara mulai, aku mulai supervisi lagi...khususnya utk kegiatan2 yang ada dalam 6 tenda kami...hhhaaahhh, menurutku amburadul, not perfect..koordinasi
kacau...lemaslah diriku...sesekali aku keluar dari tenda dan nongkrong diatas panggung utama, hahhh makin lama, event ini biasa-biasa aja...males sudah...sedari tadi Kamera Pocket'ku tidak kukeluarkan..males utk mengambil foto...hanya beberapa hal2 unik saja yang saya poto...




ya ini dia beberapa audience di event ini...



Sampai akhirnya Band Netral dari Ibukota naik panggung dan perform, hatiku sudah terlanjur illfill..pengen rasanya event ini segera berakhir dan aku bisa pulang hotel untuk beristirahat...dan akhirnya berakhir juga event ini, diiringi dengan sang surya yang perlahan turun di ufuk barat.......saatnya pulang, saatnya kembali ke hotel...
setelah berpamitan dengen rekan-rekan area, khususnya dengan sang leader dari event ini (eh taunya dia besolk email, dan meminta maaf atas kekurangan pelaksanaan event ini dan meminta masukan utk pelaksanaan event berikutnya, hehehe kayaknya dia ngerasa kalo aku lagi bete ya hihhii)

akhirnya aku berjalan gontai menuju mobil bersama sang manager area yang hari itu bertugas sebagai sopirku hihihi sorry bos...aku terganggu dengan cahaya senja di lapangan murjani itu, dengan sedikit bersemangat Kamera Pocket'ku beraksi....




setelah puas mengambil beberapa foto dari belakang panggung, jalan menuju parkiran....akhirnya aku naik ke mobil, dalam perjalanan pulang ke hotel, hati ini masih tidak puas dengan pelaksanaan event hari ini...TAPI perasaan itu akhirnya hilang ketika melihat sinar indah, lukisan dari tuhan yang masuk kedalam mobil ini...

hahhh biarlah aku menghilangkan perasaan sebal ini dengan kembali bercinta dengan kamera pocket'ku utk mengabadikan senja dibanjarbaru nan indah ini...









Bye Banjarbaru...

Minggu, 09 November 2008

Kamis, 06 November 2008

RUU PRONOGRAFI

Dari Milis teman2 SMP saya...
terdapat sebuah perdebatan tentang Pro dan kontra mengenai RUU Pornografi yang akhirnya di.sah'kan DPR kita...
Kami yang dulu jaman SMP sangat Culun, sekarang sudah pintar berdebat...hmmm


Nama Teman2 saya samarkan...takutnya gak terima statement saya publish'kan ...hehehe
-NOV-, sebagai provokator menulis pesan kepada milist kita
Tman2, RUU Pornografi akan dibhs mnggu ini,mski blm psti tp bs jd dipksadishkan sblm 30 okt. Ayo kita krm sms PNOLAKAN ke angg.panja dpr: Eva,PDIP08123114631. Dewi,PDIP 08161835093. Agung,PDIP 08122651370. Badriah,PKB0811948812. Balkan,Demokrat 081383891001. Yoyoh Yusroh,PKS 081385510222.Chairunisa,golkar 0811142386. Tamburaka 081310108004. Zubairi hasan,PPP081319221144. Tlg disbarkn ya. Salam,


Email ini disambut lembut oleh seorang teman lainnya
-NA-
kenapa RUU PORNOGRAFI musti ditolak??!
akan lebih baik jika semua itu ada aturannya..




-NOV- Menyambung
Saya setuju, hukum itu perlu.
Tapi RUU pornografi yang akan segera disahkan memiliki setidaknya tiga kelemahan (dan ini belum selesai dibahas):
Belum ada mekanisme yang jelas yang mengatur penyidik untuk melakukan penyidikan. Hal ini menyebabkan kerancuan bagi penyidik. Implikasinya
adalah terbukanya kemungkinan untuk “interpretasi bebas” terhadap pemahaman apa itu “pornografi” dan adanya kemungkinan untuk dilakukan
penghakiman oleh masyarakat awam.
Penjabaran tentang definisi “pornografi” itu sendiri telah menyebabkan orang yang membacanya “berpikir” porno. Hal ini berimplikasi bahwa hukum
tertulis tersebut menentang (melanggar aturan) dirinya sendiri.
Beberapa daerah di Indonesia (mis. Bali) tidak setuju; tetapi toh mau dipaksakan!? Sementara ini pansus sedang melakukan dialog dengan beberapa
daerah di Indonesia Timur.
Ketiga hal inilah yang menyebabkan saya mendukung agar RUU pornografi perlu dibahas lebih dalam lagi sebelum disahkan.
Semoga penjelasan singkat saya ini membantu untuk memahami dasar penolakan saya. Harap kita semua ikut mengawal proses pembuatan UU di
negara kita yang dilakukan DPR, agar kita tidak menjadi korbannya kelak, sementara beberapa pihak menikmati keuntungan sesaat! (ps. Tahun 2009
y.a.d. anggota DPR akan berganti dan sekarang adalah tahun penutupan anggaran 2008/2009... semoga info ini membuka wawasan kita bersama)


-NA- dengan nada agak Defensif melanjutkan perdebatan
kata-kata penolakan dan pembahasan yg lebih dalam memiliki arti yg berbeda..
saya setuju dengan pembahasan yg lebih dalam..
setidaknya dengan kita mendukung dan memberi solusi2 agar dapat dijadikan jawaban berbagai "kelemahan" yg disebutkan.. .
jangan lebih dahulu menolak jika segala sesuatunya bisa kita bahas dan cari solusinya untuk kemajuan kita bersama kelak...
saya dukung pendapat anda bahwa hukum itu perlu..




-RUF- seorang teman lainnya ikut nimbrung
Memang susah jd masyarakat yg jarang bisa didengarkan suaranya oleh org2 di DPR sono.
sy pu opini : Segala sesuatu yg di Rancangkan hendaknya ditelaah lebih lanjut jgn hanya karena desakan sebagian org, maryarakat byk yg dikorbankan.
Lama-lama budaya bangsa yg jd ciri khas suatu daerah bisa musnah hanya karena ulah Org2 yg tidak tahu akan kayanya budaya bangsa Indonesia.
sy Salut sama Langkah walkout yg dilakukan bbrp fraksi di DPR dan
memang sepatutnya menjadi koreksi tersendiri bagi seluruh anggota DPR, mengapa hal itu sampai terjadi?
Apakah langkah mengundangkan UU Pornografi harus dilakukan dengan konsekwensi timbul perpecahan antar daerah?
Apa Papua, Bali dan bbrp daerah lainnya mau seperti Timor-Timur?
Sayang bgt kan?
Tidak akan ada kemajuan yg ditimbulkan dgn disahkan UU Pornografi di Indonesia.
baik masa ini ato masa yg akan datang.
So....
Semua hal berbalik ke diri anda sendiri.
Cuci Otak,
Redam nafsu,
Buat sesuatu yg lbh baik utk org lain.
Masih banyak hal lain yg bisa dibahas selain UU Pornografi !
Hopeful..
Semoga ditahun-tahun berikut tdk ada RUU pornografi Hewani.
Kasian klo anjing dong kawin di tengah jalan baru dapat sanksi di penjara....
Peace !!!


-NA- Semakin menggebu-gebu nih
assalamualaikum wr wb...
saat ini sepertinya DPR cukup representatif atas suara masy banyak..
Hal ini sudah dibahas di acara live salah satu televisi Swasta..dan tidak sama sekali mengutak atik budaya Indonesia yg memang kita sama2 tahu
sangat beragam dan kaya warisan budaya....
RUU ini dibuat untuk melindungi kita dan juga penerus bangsa kita yaitu anak-anak..akan hal2 yang berbau pornografi.. .
Sudah banyak kasus yg terjadi karena tidak adanya peraturan tentang pornografi.. .dan itu dampaknya akan menjadi sangat luas dan dalam jika kita
tidak membuat peraturan yg jelas akan sesuatu yang berbau Pornografi.. .
saya mendukung pembahasan2 yang lebih dalam untuk beberapa point kelemahan dalam RUU.
Tapi sebaiknya... paling tidak dukungan kita untuk RUU ini jadi cerminan bahwa kita memang menolak pornografi untuk moral bangsa dan juga yang
memang di anjurkan untuk dihindari oleh semua kalangan umat beragama di Indonesia...
PS: sebaiknya kita mendukung utk memfokuskan dengan solusi-solusi untuk pembahasan lebih dalam akan lancarnya RUU ini..jangan terlalu jauh
memikirkan hal-hal yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan ini, co: perkawinan anjing dll......... .......
terima kasih



NAH TIBA-TIBA MASUK SEORANG TEMAN DENGAN COMMENT YANG AGAK PEDAS..
-AGN- ini nama samarannya
KONSISTEN DONG.....!
saya jujur berbicara bahwa saya bukan penganut azas demokrasi.
saya lebih suka absolutisme seperti Saudi Arabia dan Brunei .
karena inti ajaran demokrasi = kebenaran ditentukan oleh suara terbanyak.
dan ini bertentangan dengan prinsip kebenaran yg saya pegangi.
apapun suara mayoritas, misalnya menghalalkan nikah homoseks...
maka seluruh rakyat wajib terima hasil keputusan mayoritas itu sebagai sebuah kebenaran
anda2 ini kok aneh sekali....
kalo benar anda seorang demokrat dan pejuang demokrasi.
maka anda harus konsisten.
sebagai minoritas anda nggak punya hak menolak hasil keputusan mayoritas!
paham?
kok sekarang jadi merengek2 minta suara minoritas didengar?
konyol dong....
berseberangan dengan azas demokrasi yg anda2 junjung tinggi....
jangan sampe anda dituduh munafik atau bermuka dua...
konsisten...
nggak lucu argumen yg bawa2 isu dis-integrasi
nggak nyambung dan maksain banget.
sekian....



Wah akhirnya diriku tergoda juga utk masuk, agak2 keganggu dengan statement si AGN yang agak gak enak di.dengar, hmm aku iseng2 nyambar
-AFDHAL-
AGN kamu kenapa??
cerita donk kalo ada masalah...
jangan terlalu abstrak gitu deh..
bisa lebih detail gak nih...



hihihi si AGN dengan lantang dan cepat langsung nyambar lagi
-AGN-
Lha... baca imel sebelumnya dunk... biar nyambung...
Sa hanya mengingatkan. ....
bahwa apapun yg terjadi sekarang ini adalah konsekwensi dari yg namanya DEMOKRASI.
Jangan hanya teriak2 "hidup demokrasi"
Tapi nggak siap dengan konsekwensinya. ...
atau bahkan nggak ngerti demokrasi itu seperti apa...
setelah para "wakil partai" dipilih dengan proses demokrasi
ya terserah mereka mau bikin apa.
kan kamorang juga yg pilih mereka.
kok sekarang mau menggugat mereka?
padahal secara demokrasi dan hukum
mereka nggak bikin salah apa2
mereka cuma mengikut suara terbanyak/mayoritas .
termasuk mengesahkan RUU ini menjadi UU
mau disahkan atau tidak ya urusan mereka
dan pemenang dalam demokrasi adalah mayoritas...
ini harus paham dulu...
makanya kalo belum ngerti inti dari ajaran demokrasi
jangan trus asal ikut2an latah jadi pembela2 demokrasi
lalu berbuat yg konyol dan bertentangan dengan demokrasi itu sendiri
padahal ngakunya pembela demokrasi...
demokrasi itu memihak mayoritas
dan minoritas itu cuma bisa teriak2 aja
ini juga harus dipahami.
cuma mengingatkan bung Afdhal....
biar sadar akan keadaan sekarang
dan bisa konsisten.
Gitu ya om...
sa nggak ada masalah apa2 kok...
biar pada clear semuanya...


-RUV- semakin membuat keruh suasana nih

Akhirnya jd rame jg... :))
Porno....porno. ...memang kamu lah ....
Pro & Kontra memang selalu ada.
So ?
Yg pasti...saya cuma kasih pendapat Bu....Pak... ..
Mo MUNA (Muka Munafik) k...
Mo MUDA (Muka Dua) k...
Terserah e...
Jd AGN kamu jgn marah2 k...
sy jd traenak.
Ok?
Peace - Love and....Gaul !!!



Terbakalah Jiwa Mudaku...Grmmhhh------baeklah, aku harus melakukan sesuatu
so saya gak tau apa yang dirasakan tuts di keyboard laptop saya saat menuliskan ini, pokoke menuliskan dengan geram

Ohhh itu to....
Inggeh pak, kulo ngertos dan tetep konsisten kok..
Don't Worry
menurut saya sih, melihat comment dari NOV, NA dan RUFF, sudah dapat gambaran'lah kenapa dari sebuah Nawaitu SMS menolak Ruu,
menjadi sebuah ajang silaturahmi yang baik ini.
Kita-kita sudah konsisten kok...
Lihat Ibu "NA" yang tetepppp keukeh mendukung RUU Pornografi dengan CATATAN adanya pembahasan mendalam tentang RUU ini dan gak mau
anaknya (dan anak2 kita) nantinya jadi korban pornografi
trus "RUF" curhat tentang minoritas yang sudah jarang didengar, trus adanya paksaan dari beberapa pihak (eh Ruff ko tambah lagi dengan isu
integrasi...capeee dehhh), ini bukti konsisten lho, walopun minoritas masih bisa ngomong, kalo dulu kan minoritas ya diem aja
NOV, nah ini dia LAKI-LAKI MEMANG, ...dia konsisten dengan penolakannya dengan menelorkan 3 butir-butir kelemahan RUU ini..
dari ini semua kan setidaknya dari kacamata seorang afdhal, kita sudah konsisten kok..
masih dalam batas tolerir juga kok kalo nyeleweng dikit2 ke isu integrasi (natalie ko tanggung jawab..hehe), anjing kawin dll...
Toh forum kita ini kan bukan forum anggota dewan yang terhormat, kalo forum kita ini di. DPR pasti sbg Anggota SIdang Dewan sa akan mengusulkan
adanya RUU KONSISTEN ( kalo ada rapat dewan yang membahas diluar topik dikeluarkan saja dari ruang sidang).
Gung, saya sadar kok keadaan sekarang, keadaan sekarang tuh ya seperti forum ini, kadang milist ini ada lowongan kerjaan, ada salam2 dan
kangen2an, ada pembahasan serius, karena dengan keadaan sekarang ini ya begini ini yang bisa kita lakukan....
Kalo saya Pribadi, BISMILLAH KONSISTEN Mendukung adanya RUU PORNOGRAFI...
intinya KONSISTEN kan !!!!!!!!




Akhirnya si NOV masuk lagi..si provokator, ceritane sih mau menenangkan perdebatan, tapi kalo dibaca-baca masih tetep idealis juga

-NOV-
Teman2...beginilah sebenarnya realita keberadaan kita...adanya PERBEDAAN
Jadi satu sama lain saling mengkritik itu wajar..
buat Agung, sa sih tidak keberatan dengan ko pu argumen.
Namun, saya hanya ingin menegaskankan bahwa negara ini NKRI tidak 100% demokrasi, karna toh ada juga otokrasi (mis. di D.I Jogya yg dipimpin
oleh Sri Sultan)...jadi kalo menurut Agung negari RI ini Demokrasi 100%, menurut saya tidak demikian..
Sistem Pemerintahan kita pun unik, karna melandaskan pada Pancasila yang menjunjung tinggi ke-Bhinekaan Tunggal Ika.. (ini hanya ada di
Indonesia, tidak ada di Arab Saudi atau Amerika Serikat).. karna itu Indonesia itu UNIK... ada orang Aceh, Batak, Jawa, Bali, Sunda, Papua,
Kalimantan, Ambon, Manado, dll...Ada juga Agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu dan penganut2 kepercayaan lainnya yang
sama-sama dilindungi haknya menurut UUD 1945..Demikianlah ikrar pendiri negeri kita..
Jadi hendaknya keragaman dan keunikan itu kita pelihara (kecuali teman2 sudah tidak mau lagi hidup berdampingan dengan orang2 dari suku lain
atau dari agama lain..)
Maka kalau setelah 63 tahun Indonesia Merdeka para Legislator di DPR hendak mengubah peraturan negera ini agar memihak yang mayoritas saja...
itu sih terserah mereka (yang pasti saya tidak memilih mereka, dan sudah 2 kali Pemilu saya Golput)
Saya hanya menyuarakan penolakan saya terhadap RUUP yang lalu, sebenarnya banyak hal yang saya tolak, cuma tidak semua saya tulis di sini,
antara lain, saya menolak:
1. Hukuman mati (amrozi dkk.)
2. Praktek KKN
3. Perpanjangan hutang kepada IMF
4. Penggundulan hutan
5. Batik dinyatakan milik Malaysia
dlsb...
bagi saya, forum milis ini selain tempat mengumunkan lowongan, juga tempat saling menyampaikan pendapat.. jadi kalau satu sama lain TIDAK
SEPAHAM tidak apa-apa.. namanya juga "berbeda pendapat"..
PERBEDAAN ADA BUKAN UNTUK MEMBEDA-BEDAKAN, BUKAN PULA UNTUK MENIADAKAN YANG LAIN, TETAPI UNTUK DITERIMA DAN DIHARGAI"



Lha abis itu gak ada lagi yang masuk...
Sutra'lah, masalah porno jadi ribut gini...
hmmm, berdebat itu indah
apalagi kalo masalah porno
pasti lebih indah kan

Rabu, 05 November 2008

Bandara....

Bandara...

Naik pesawat, sebuah aktivitas yang harus ku lalui sekarang ini sesering mungkin
SECARA dengan keberadaanku di Balikpapan dan wilayah kerja se-Borneo, apalagi beberapa daerah SaNGAT-SANGAT TIDAK MUNGKIN dilalui dengan jalan darat, mengharuskan diriku untuk naik pesawat. belum lagi kalau ada kegiatan briefing dan meeting di.kantor pusat dan pastinya itu dijakarta, pasti naik pesawat.

berkaitan dengan naik pesawat ini, ada rutinitas kecil yang selalu aku lakukan saat berada di Bandara.
BANDARA yup..Bandara...tempat orang hilir mudik, ada yang berjalan nyantai, ada yang buru2, ada yang kadang berjalan buru2 begitu dekat dengan orang banyak berjalan nyantai (ceritane mau pamer atau bergaya bak model) halah !!!! pokoke macam2 deh
itulah rutinitas kecilku itu...MENGAMATI...
baik mengamati pembicaraan orang, tingkah laku orang, cara jalan orang, aktivitas didalam bandara dan lain.

Smoking lounge..

pembicaraan yang paling sering aku dengar adalah Pesawat Delay..mungkin orang2 yang berada dalam smoking lounge ini kebanyakan penumpang pesawat Delay. kalau beberapa orang yang berbicara itu saling kenal, setidaknya topik pembicaraan mereka pasti konsisten. konsisten membahas

pesawat maskapai X yang pasti sering Delay...tapi begitu orang disebelahnya yang bukan satu rombongan dengan mereka berkoalisi untuk membahas Delay, pasti topik itu bakal melebar jauh. pertama akan membicarakan Pesawat maskapai lainnya yang sering delay juga, kemudian mereka akan -"indirect Debat" mengenai lamanya Delay..
- "oh kalo saya dulu hampir 2 jam lho Delay"
- "lha saya pernah 2,5 Jam',
- "oh masih kalah, waktu saya dengan maskapai Y ini hampir 2 jam, 40 Menit dan 39 Detik lho Delay'nya" Halah
intine tidak mau kalah, Lama-lamaan Delay..
lha wong wes Delay Kok Bangga, hihihii
Setelah Delay, topik ini pasti melebar, tidak lebih hampir sama saat Anggota DPR RI membahas RUU Pornografi yang melebar sampe ke masalah Integrasi.
Harga TIket....topik ini juga merupakan topik menarik dan topik yang elastis sehingga dapat dengan cepat melebar.
- "aku beli tiket harga segini lho",
- 'lho kok aku dapat mahal ya",
- "aku beli harga Yengki",
- "wah kalo saya dibeliin kantor, EGP ABCD" :)
Setelah masalah tiket tentunya melebar lagi nih topiknya
- "saya beli di Travel ini, murah kok disitu"
- "lho kok saya beli di Travel itu dapatnya muahalllll'
- "kalo saya nekat aja, langsung datang ke bandara, beli, sering dapat murah lho dibanding beli di Travel"
Fuihhhh orang-orang ini, ah biarkan mereka berinteraksi, sebuah pembicaraan yang tidak solutif hehehe

Cafe
ditempat ini adalah wahana-sarana dan media untuk berkenalan dan tentunya sok kenal dan sok tau hehehehe
Topik utama ditempat ini biasanya untuk orang-orang yang tidak saling kenal adalah bertanya
"Mau Kemana Pak???"

contoh kasus
saya menjawab "mau ke Balikpapan"
"oh ya, saya pernah loh kesana" atau "saya punya teman lho disana" dia kerja di pT Anu, kerja didaerah anu, wes pokoke Anu2an lah"
"eh disana tuh ada tempat makan enak lho, namanya RUmah Makan ini, wah selama saya hidup makanan itu yang paling enak"
batinku SOK TAU...aku dah pernah makan disitu dan GAK UENAK BABAR BLASSSS, SUMPAH !!!
baru sekali makan aja sudah berani memproklamirkan bahwa itu yang paling enak, sebelll gak sih, (huuuhhh SOK TAU GAK SIH nih orang)

beberapa topik dalam cafe ini juga merupakan topik-topik dengan ciri-ciri topik melebar, kadang juga melihat 2 orang yang baru ketemu dalam cafe dan mereka mengobrol akhirnya jadi sebuah sesi tanya jawab, dimana Si A bertanya asal dan Si B menjawab dengan antusias asal daerah, dilanjutkan lagi si A tanya itu daerah mana ya? pendapatan utama daerah itu apa? jarak dari ibukota propinsi jauh gak? naik apa? ada SIgnal gak? ada kode pos gak? masih berbendera merah putih kan? hehehe dan si B pun menjawab pertanyaan dari panelis A itu dengan semangat 45, tidak ada jawaban yang terlewatkan...
hihihihihi
dan masih banyak topik pembicaraan di cafe bandara lainnya


Ruang Tunggu
hal yang paling sering saya perhatikan adalah rata-rata orang yang lewat maupun duduk diruang tunggu pasti memegang HP, entah lagi telepon, entah lagi SMS, entah lagi MMS, entah lagi maen Game, entah lagi bingung gimana cara ngeoperasiin HP'nya....(wes pokoke ngono'lah)
belum lagi kalo lihat orang2 berjalan, ada yang berjalan dengan sepatu/sendal berbunyi tok..tok..tok, entah itu emang sepatune baru atau kebesaran gak tau deh..
belum lagi liat para Eksekutif muda dengan tas kecil dijinjing berjalan seperti dikejar hantu sambil menelepon, ada juga mbak-mbak or ibu-ibu yang modis dan sok modis berjalan layaknya seorang Model ketinggalan pesawat
ada lagi nih, parade Koper hehehehe...liat aja orang-orang itu berlomba-lomba tarik koper, dengan koper yang berwarna-warni, dan bunyi roda kopernya saling bertautan diruang tunggu, layaknya karapan sapi hehehehe
dipojok ruang tunggu ada sikutu buku yang sedang membaca buku'nya dengan serius, ada juga yang sedang membuka laptop (entah kerja or maen game),ada juga yang sedang membaca majalah/tabloid sambil membuka lebar-lebar 2 sisi majalah'nya (ceritane mau nunjukin kalo dia lagi membacaa, padahal lagi bobo)
dibelakang sana ada pembicaraan tentang bisnis, hasil meeting, ada yang gosipin teman kantor,



saat berada di. bandara cobalah meluangkan waktu utk mengamati kejadian2 didalamnya
hmmm bahasa kerennya sih DINAMIS...Ceilehhhh

Ahhhhh Bandara..Bandara !!!!

Tambahan Info: untuk aktivitas kecilku ini ada bahasa kerennya lho,
dalam Marketing disebut - METICULOUSLY OBSERVANT -
keren kan istilahnya.... hehehe
pengen tau lebih tentang meticulously-observant,
saya rekomendasikan anda utk melihat di Blog Pribadi Trainer saya
http://theordinarytrainer.wordpress.com/2008/04/28/meticulously-observant/

DUREN..DUREN

goro-goro liat file foto2, eh ada foto ini..
jadi kangen pengen maem duren...
udah lama euy gak maem duren....


Cengar..Cengir...






lagi asyik maem duren, eh ada 2 orang AMOY Ponti lewat
hihihi





Sruput terussss





hajar blehhhhhh


maem duren'nya di pontianak lho....


ngomong2 tentang Duren...
sebenarnya Duren yang paling enak tuh dari daerah mana sih????
ketemu beberapa teman katanya Duren dari Jepara enak
Duren dari Pekalongan jg enak...
ada juga yang bilang Duren Palopo uenakkk
ada juga yang bilang Duren dari Jambi uenakkk
di Borneo katanya sih Duren dari daerah Melak (Kal-Tim) yg enak....
so duren mana yang enak?????


Note :
Picture taken by HHS
(Manager Multitalented hihihi)