Rabu, 29 Juli 2009

Hikmah Meng'Input


Sambil menunggu saat wisuda, bersama seorang teman kami terpilih mewakili kampus untuk test magang disebuah perusahaan telekomunikasi milik pemerintah.
Konon katanya program magang diperusahaan ini sudah berjalan beberapa tahun, selama ini hanya untuk mahasiswa-mahasiswa dari Kampus Negeri, dan baru kali ini memberi kesempatan bagi calon lulusan universitas swasta.

So, Test’lah kami seharian penuh di sebuah kampus universitas negeri terkemuka di kota gudeg.
Saat tes aku melihat seorang cewek yang langsung bikin aku sreg, seakan bertemu bidadari, dadaku berdegap kencang, alam bawah sadarku mengatakan, seandainya dia jadi milikku. Maklum saat itu lagi jomblo (iyeee gw selama kuliah jomblo, catett). Untung aku tidak nekat menghampiri cewek itu dan ajak kenalan, bisa rusak konsentrasiku mengikuti tes ini.

Setelah beberapa hari.....aku mendapat telepon dari pihak kampus bahwa aku lolos dan berhak mengikuti kegiatan magang beberapa bulan di perusahaan ini.

Akhirnya tiba saatnya masuk kerja. Eng, Ing, Eng….
Sehari sebelum masuk kerja aku disibukkan dengan menyiapkan baju kemeja, celana kain dan sepatu kerja. Gak mungkin kan kerja di perusahaan besar seperti ini aku pake kaos, jeans dan sepaku ket (bener gak tuh nulisnya??)…maklum aku belum punya perkakas pekerjaan ini.
Hari pertama kerja, aku menghadapi syndrome hari pertama kerja. Yang jelas setelah menghadap HRD kemudian dikenalkan dengan Manager Accounting tempatku bekerja nanti, selanjutnya berkenalan dengan bapak-ibu divisi accounting....duduklah aku di sebuah meja kosong tanpa apa-apa, tanpa komputer, tanpa buku, tanpa SOP, pokoknya tanpa apa-apa deh, kosong babarblas, air minum pun gak ada, apalagi bakso, pizza ataupun mie goreng.
Oleh si manager aku dipasrahkan kepada supervisornya untuk urusan apa yang harus aku kerjakan. Tapi hari pertama ini si supervisor langsung keluar kantor karena ada yang harus diurus beliau. So ngelangutlah diriku hari itu.


Btw saat kerja magang ini gak ada namanya training-training’an terlebih dahulu...semua learning by doing and doing by learning.... Gak ada tuh yang namanya training kepribadian’nya si Lord Boden Powell (ups itu bapak pramuka ya), gak deng si John Robert Power (hmm beda dikit kok, atau si john cucunya si Lord ya, auk ah)..., apalagi training akuntansi, itu tuh yang mencocokan angka, beuh aku juga bingung kok dulu kuliah ngambil jurusan ini ya, padahal tuh sebenarnya akuntansi lebih kejam dari mutilasi, sumpeee, aku rasa saat itu aku sangat khilaf mengambil jurusan akuntansi, memang diriku gak ada bakat jadi akuntan, tau sendiri kan bakatku Cuma di dunia model dan acting.
Plak...Plak.. Plak...Plak...Plak..Plak... Plak...Plak..Plak...
* ya itu bukan tepuk tangan, melainkan tamparan...puasss*


Keadaan ngelangut begini tanpa kerjaan kualami beberapa hari, sampai suatu hari aku diberi tugas untuk menginput......Alhamdulillah, sujud syukur langsung kulakukan, walopun Cuma menginput yang penting ada kerjaan, yang penting gw kagak makan gaji buta. Iya gak..iya gak..
Kerjaanku tiap pagi ke lantai satu mengambil print-print’an data dari hasil pembayaran nasabah, kemudian aku naik ke lantai 2 tempat ruang accounting untuk menginput data.
Heran juga nih perusahaan ini belum mempunyai system yang baik untuk mensingkronkan data pembayaran nasabah yang connect ke accounting. Ya gak papa deh, yang penting aku punya kegiatan..nginput...deuh senengnya....
Data yang aku input lumayan banyak, apalagi setelah tanggal batas waktu pembayaran telepon, beuhhhh bejibun euy, mana ketelitian sangat dituntut untuk aktivitas ini. Tau sendiri kan jaman segitu belum banyak yang punya handphone, semua masih mengandalkan fixed phone, so masih banyak manusia penghuni dunia dinegara indonesia propinsi daerah istimewa jogjakarta wilayah kotamadya yogyakarta yang masih menggunakan fixed phone dan rela berantri ria saat waktunya pembayaran telepon.
Dukanya kerja magang ini adalah merusak kebiasaanku merokok. Ampunnnnn, bener2 gak bisa ngerokok, mana ruangan accounting banyak diisi oleh kaum hawa, dan sekitarku banyak kertas-kertas berkeliaran....So disaat agak senggang, tempat merokok yang baik dan bener serta berwibawa adalah dapur.
Sukanya tuh bisa jalan-jalan...secara divisi accounting ini membawahi beberapa anak cabang perusahaan selain di DIY juga diwilayah selatan jawa tengah. Sering juga aku diajak keliling ke kantor area seperti Gunungkidul, Bantul, Kebumen, Magelang, wuihhh seneng bangettt, selain makan siang gratis (dibayarin ama supervisor’nya) juga mendapat uang jalan keluar kota. Kalo boleh memilih sih, kerjaanku jangan nginput, tapi nemenin supervisor khusus ke luar kota (emang kantore mbahmu!!!!!)

Btw, program ini tidak hanya di jogjakarta saja, melainkan juga di Solo, Semarang dan Purwokerto. Dan peserta ini berasal dari bermacam-macam kampus ada UGM Jogja, UNS Solo, UNDIP Semarang dan UNSOED Purwokerto dan Kampus Swasta.....Serta berasal dari berbagai macam jurusan, ada yang dari Jurusan Accounting, Jurusan Management, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Jogja-Solo, Jurusan Semarang-Solo dll.
Untuk yang dari Kampus Swasta kebetulan yang lolos hanya dari Jogja, dan kebetulan lagi 3 orang dari kampus swasta yang lolos tersebut berasal dari kampus yang sama denganku dan kami memang berbeda jurusan (Management, Teknik Industri dan Si Calon Model/Aktor dari Jurusan Accounting)
*ambil wudhu, pake sarung dan baju koko..kalo ada yang timpuk gw gara2 statement diatas dan gw mati, pastinya gw mati syahid*

Singkat kate...singkat cerite..
Berakhirlah program magang ini, dan kami peserta magang akan dikumpulkan di semarang untuk briefing akhir program dan penyerahan kenang-kenangan atas kontribusi selama ini
(btw, apa yang aku kontribusi selama ini ya???)
Pada Moment ini juga sekalian diumumkan peserta-peserta magang yang diperpanjang programnya...peserta-peserta yang diperpanjang kontrak magangnya adalah mayoritas peserta yang berasal dari jurusan teknik dan pastinya si calon model/aktor yang nyasar jadi calon accounting tadi TIDAK diperpanjang....Ya Iyalah tidak diperpanjang, lha wong kerjanya suruh nginput dan jalan-jalan doank, jelaslah tidak memberikan kontribusi berarti...tul gak??...tul gak??
Tidak diperpanjang tidak masalah bagiku, dunia belum berakhir....secara aku berjumpa lagi dengan cewek yang menggetarkan hatiku saat tes magang ini.
Rupanya dia dari UGM Jurusan Teknik dan ditempatkan di Solo, wuihhhh merinding euy...ditambah lagi saat pulang kembali ke Jogja kami satu mobil dan kebetulan duduknya berhadapan...tambah merinding awak ini...dari sekedar basa-basi dan tanya jawab akhirnya aku mendapatkan nomor handphone’nya.
Setelah pertemuan ini, aku mencoba untuk men’prospek cewek ini. Dengan segala daya dan upayaku akhirnya si cewek itu bisa bertekuk lutut termakan rayuan dasyat diriku hihihihi
Dan Alhamdulillah sampai sekarang (dan selamanya Insya Allah, Aminn) Si Doi Masih setia mendampingiku dan Menjadi My Chubby

Sekian sodara-sodara, inilah hikmahnya jadi tukang input.

16 komentar:

imelda mengatakan...

AHA! rupanya biginilah kisah perjumpaan pasangan A A ini yaa...
semoga teruuus langgeng ya

EM

Ria mengatakan...

cie cie...ayolah segerakan menikah
udah itanyain tuh sama orang satu kampung... :P

jangan lupa aku diundang Daeng ;)

yustha tt mengatakan...

Jiaah...mantap kali pun pertemuan kau ni.. Ku baru dicerita kawan,ada kawin dgn perempuan ketemu di kereta.. Ah..awak nanti hikmah lampu merah saja lah.. Ketemu jodoh di lampu merah..
(Ki ngemeng nggo boso opo e tik asline??)

Anonim mengatakan...

wuih... kayak sinetron aja kisahnya.. selanjutnya diikuti episode ngejar2 cewek pasti... :-D
pisss mannnn!!!

btw: smoga smua dilancarkan, smoga smakin diteguhkan ikatan kasihnya...

NB: jd ini alasan kmarin mendadak disuruh pulkam ama bunda ?? he..he..

vizon mengatakan...

CINLOK rupanya, hehe... :D
melihat dari gambar kalian berdua, kayaknya auranya dah nyatu tuh... ayo, diterusin...

yessy muchtar mengatakan...

Peletnya dapet dari mana siy, Om? manjur bener...sampe sekarang Belum sadar-sadar tuh yayangmu....*nyegat bajaj*

Anonim mengatakan...

hmmmm......
merinding jenis ini ada di postinganmu sebelumnya gak yaa....

taktunggu berita bahagia kalian...

nh18 mengatakan...

Ya Ampyun ...
Mau cerita tentang Chubby aja
proloognya panjang amat yak ...

Hahaha

Lala Purwono mengatakan...

Afdhal..!!!
Asli, gue ngakak banget pas baca soal make baju koko dan kalo mati, elo pengen mati syahid!!
huakakakakakaka..


Udah, udah..
Kawin sanah.
Jangan lupa undangannya yah.. Lengkap berikut dengan tiket kereta. awas kalo ga! :D

pakde mengatakan...

Luar biasa dal, Tak ada yg kelewat pengungapannya. Btw, undangannya mau dibuat kapan nih? seru pasti ya....kalo semua blogger diundang. hihihi..... Semoga tercapai maksd & tujuannya mas. :)

Anonim mengatakan...

lu pake pelet apa coba?
hayooo ngaku
kalo engak, mana mau coba Aida itu sama lu :p hahahahhaa

peace.. peaceeeee....
langgeng2 yoooo

kao di jakarta nanti gue usahain dateng ;)eh gue diundang gak yah hahahha

THE AFDHAL mengatakan...

@EM : AMINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN (N'nya ada 23 tuh)

@ Ria:
Pasti diundang...tamu khusus dari Duri (amplopnya jgn lupa ya)

@TT :
kamu baek2 aja kan?? kayaknya abis kena kok badminton deh

@bro:
Salah satunya brother....qiqiqiqi

@Uda:
udah menyatu ya?? hmm.. *mikir uda sapanya mama loreng ya?*

@Yessy:
Nunggu di pangkalan bajaj bawa box rokok dji sam soe

@nana:
Tunggu ya...benerannn lho..tunggu

@ NH:
hmmmmm...gitu doank om comment'nya..

@lala;
Undangan Pasti..undangan tok ya?/ gak ada embel2nya hihihii

@Pakde:
Diundang Donk..makin banyak undangan makin cepet balik modal..

@Eka:
Ya lo kudu datang...lha yang ngurusin keamanan sapa???

p u a k mengatakan...

OO... jadi dari dia juga lho tahu bahasa jawa yee?? .. hehehe..
Buruan dong dikawinin... entar pada keburu aki-aki, mau?.. :p

THE AFDHAL mengatakan...

@ Puak :

yeeeeeeeee sok tau....
Do'i bukan orang jowo..

NIKAH mbakyu, bukan kawin...tolong yaaaaa

Tuti Nonka mengatakan...

Duduk di mobil berhadapan ama calon Do'i? (*bingung bayangin mobilnya, apa kayak dokar ya*) :D

THE AFDHAL mengatakan...

@ Bu Tuti:

Itu lohhhhh mobil kijang jaman mbiyen..kan kursi mburine adep-adepan..
wah gak gaul nih ibu :)