Senin, 13 Juli 2009

Merinding Saat Training

Ini training hubungannya dengan aktivitas ”menyopir” alias training yang ditujukan kepada karyawan yang membawa mobil....Salah satu Training yang cukup menarik (menarik karena seharian bisa lepas dari email dan pekerjaan) :)

Merinding pertama
Diawal training, si trainer (bukan Om NH lho), yang kebetulan dari pihak eksternal mengajak semua peserta training untuk berdiri sejenak dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Saat mennyanyikan lagu ini, si trainer juga memutarkan video lagu indonesia raya yang biasa kita lihat di TVRI jaman dulu. Liat gambar yang ditampilkan (walopun gambar jadul) tapi sumpah bikin merinding...udah lupa euy kapan terakhir nyanyi lagu Kebangsaan Negara tercinta ini....Saat ngelirik ke peserta training lainnya, wuihhh mereka menyanyikan lagu dengan semangat...walopun beberapa peserta training ini sudah agak tuwir, tapi semangatnya yang luar biasa, bahkan ada yang sampe mengepalkan tangan...tambah merinding awak ini.
Ice breaking yang bener-bener bikin merinding

Merinding Kedua
Training ini adalah training tentang bagaimana mengendarai mobil dengan aman.
Ada beberapa pelajaran penting yang kudapat dari sini (yang selama ini tidak pernah aku lakukan), seperti :
Kalo pagi tuh sebelum berangkat kerja, mobil harus di kontrol. Istilahnya BALOK
B : Ban
A : Air
L : Listrik
O : Oli
K : Kelengkapan Lainnya
Untuk mengontrol ini dibutuhkan waktu sekitar 20 Menit (yaelah kelamaan ngontrolnya dibanding perjalanan kekantor...lha wong Cuma 15 Menit dah nyampe kantor)
Trus ada juga prinsip bagus yang kudapatkan untuk mengemudi, “kalo nyopir jangan dengan kecepatan tinggi” karena Semakin cepat mengemudi semakin sedikit yang dilihat sehingga kemungkinan kecelakaan tinggi, maksudnya semakin cepat mengemudi, semakin sedikit waktu yang kita punya untuk melihat rambu2 dijalan, kendaraan lain, orang dipinggir jalan. Dan tentunya semakin cepat kita mengemudi semakin kecil kemungkinan untuk ngelihat cewek cakep dipinggir jalan (ya iyalah dipinggir jalan, kalo ditengah jalan nabrak donk), atau semakin kecil kemungkinan untuk melihat cewek cakep yang sedang membawa mobil disamping mobil kita (intinya tetttep cewek cakep)
Trus ada lagi nih, jarak aman saat mengemudi mobil beriringan adalah 2 Detik, kenapa 2 detik karena 2 detik adalah waktu paling minimal sebagai jarak pengereman. Nah masalahnya bagemana cara ngitung 2 detik dengan mobil didepan kita ya? Auk ah....
Kemudian, sang trainer berpesan (sebenarnya males banget pake kata “pesan”…kayak waitress aja) “Jangan mengemudi sambil ganti CD, CD yang dimaksud adalah Compact Disc lho bukan CD-Celana Dalam…Ya Iyalah…
Apalagi mengemudi sambil SMS, Fesbukkan, apalagi mengemudi sambil maen games…kalau memang urgent jangan sms, mending telepon saja dan gunakan headset telepon, itu lumayan aman, walau tidak disarankan
Terus trainer juga berpesan (kata "pesan" lagiii…), apapun yang terjadi, walaupun perjalan pendek safety belt selalu dipakai (tuh trainer ampe nyembah-nyembah bilang plissssss, safety belt’nya dipake ya)
Selain pesan dari trainer tadi (tuh kan kata pesan masih dipakai)….trainer juga menunjukkan macam-macam rambu lalulintas dijalan, dan jujur aja baru kali ini ngerti sak ngerti-ngertine tentang rambu lalu lintas
Rambu peringatan : Warna dasar kuning
Rambu larangan : Warna dasar putih tulisan merah
Rambu peringatan/kewajiban : Warna dasar biru
Rambu Petunjuk : Warna dasar hijau
Rambu batas kecepatan : Warna dasar putih
Rambu Wisata : Warna dasar coklat

Kembali ke topic permasalahan…Me Rin Ding (pake nada khas bang rhoma yah)….nah yang bikin aku merinding untuk kedua kali adalah saat trainer menunjukkan (kali ini tidak pake kata pesan) beberapa video dan gambar yang disebabkan karena kelalaian pengemudi.
Beberapa gambar kecelakaan, mobil yang rusak, hancur, nyemplung, nabrak pohon…bahkan kecelakaan mobil yang menyebabkan kehilangan nyawa pengemudi, maupun penumpang….belum lagi video yang menunjukkan hilangannya nyawa manusia lain (diluar penghuni mobil) karena kelalaian mengemudi, bener-bener bikin merinding..
Jadi teringat kira2 4 tahun yang lalu saat bertugas di pekalongan, pernah mengalami kecelakaan mobil di jalur pantura, karena mengemudi dengan kecepatan tinggi dan pada saat yang bersamaan menghindari becak, akhirnya mobilku sukses masuk di tengah2 truk gandeng..ALhamdulillah walopun saat itu mobil bisa dibilang 60% Hancur, si pengemudi yang ganteng itu (aku) Sehat WalAlfiat, tidak ada luka sedikitpun..

Benar2 saat si trainer menunjukkan foto-foto kecelakaan mobil yang diakibatkan karena kelalaian pengemudi bikin aku merinding, dan menyadarkanku untuk lebih berhati-hati dalam mengemudi.
Dan diakhir sesi training…si trainer berpesan (yaelah kata pesan lagi…)…si trainer berkata
"Pay Attention or Pay The Price"


Merinding ketiga dan yang terakhir
(dan janji kali ini tidak ada kata-kata pesan)
Hampir seperti awal training, si trainer saat menutup training mengajak semua peserta untuk kembali berdiri dan menyanyikan lagu Padamu Negeri (dan trainer memutar video lagu padamu negeri yang biasa kita lihat di akhir siaran TVRI)
Kami menyanyikan lagu ini juga penuh khidmat, dengan semangat empat lima enam tujuh delapan (halah!!!!)
Kami menyanyikan pada nada dasar G kemudian ke C, A minor, D minor ke G ke C lagiA minor Demi Moore kece ke C lagiA minor D minor ke G ke C lagi A minor, D minor ke G ke C lagi A minor, D minor ke G ke C lagi, A minor, D minor ke G ke C lagi A minor, D minor ke G ke C lagi
(Capek kan bacanya, kalo aku gak capek ngetiknya, lha wong Cuma copy paste doank)


Saya gak tau, apakah anda semua menyanyikan lagu-lagu kebangsaan ini juga merinding....percayalah, bagi saya tidak dibutuhkan IPK 3,6 kumlaud, atau kemampuan bahasa inggris yang topel’nya 900 atau bersedia ditempatkan diseluruh wilayah indonesia, kalo soal urusan nyanyi lagu kebangsaan bakal bikin merinding
(tuh kan bener janjiku, tidak ada kata-kata pesan) :)

22 komentar:

Lala Purwono mengatakan...

Al,

Pertama.
Kamu sukses bikin aku terkaget-kaget soal kecelakaan itu.

Dan kedua,
Kamu sukses bikin aku kaget lagi karena ngaku cakep!

Iya.
Aku kaget. SANGAT! :D

Anonim mengatakan...

pertamaaaxx...kalo sukses..hehehe

Ikkyu_san a.k.a imelda mengatakan...

hmmm emang di tempatmu ada cewek dhal?

soal kecelakaan, amit-amit... mobilku hilang kap dan setengah mesin gara-gara ditabrakkin ke truk dr belakang oleh adikku Tina, gara-gara dia nyetir setelah begadang 3 hari! Ongkosnya lebih mahal dr ongkos taxi rumah-untar.
Dan resiko kehilangan nyawanya? ngga terbayangkan.

Meskipun aku tukang ngebut, ngga gegabah deh. Soalnya di medan sesungguhnya ngga bisa jungkir balik dan kembali ke jalur lagi seperti kalo lagi main game kan?
(eh ntar kalo ketemu tanding ngebut di game yuuuk hihihi)

p u a k mengatakan...

lo aja yang lebay.. dikit2 merinding.. Coba dikerok dulu, siapa tahu meriang.. :p
Pareengg...

Anonim mengatakan...

masuk lagiiii...
setelah terganggu jarmot..

masalah merinding, akeh bro...
1. dulu waktu menang paduan suara(msh SMP dan SMA siy..)
2. sungkem ortu wkt merit (ntar lg giliranmu lho, Dhal...)
3. wkt diendus hexe
4. wkt jalan di hutan Bpn-smd..(mau dibahas disini gak neh? mesti kowe emoh!

Anonim mengatakan...

tertampar bolak - balik baca postingan inih ! :(

gue udh mau berteobat dari nyetir yang ngebut2.. tobat lah

PS. Cakep ?
maaaaaaaaaaaaaaaak
cerminnya pecah deh :p hehhehe

radesya mengatakan...

Nih kak Adhal koq merinding mulu ya.. :)

alhamdulillah desya belum pernah kecelakaan saat nyetir mobil, meskipun pernah ngebut, tapi kalau jatoh dari motor iya, baru aja kemaren, nih juga masih agak sakit

btw emang kak Adhal hafal lagu Indonesia Raya? :p
pasti salah mulu pas nyanyi :D

"PESAN" Desya : Hati-hati kalau liat cewek cantik di jalan, sendirian, di malam hari, bisa-bisa itu kunti lho, hihihi....
*lari*

yustha tt mengatakan...

Aku donk mas,blm prnh kecelakaan wkt nyetir mobil... (lah wong nyetir aja gk pernah...gk bisa tepatnya,hehe)
Satu2nya kecelakaan yg pernah kualami tu nabrak becak gara2 smsn sambil nyetir motor.. (gk keren tenan! Tp bersyukur donk cm kclkn kecil.)

Kantorku donk mas,tiap tgl.17 upacara..nyanyi lagu 'Indonesia Raya'.. Bisa nangis kalo nyanyinya sambil ngliatin bendera berkibar2 n 'ngelingi' kondisi bangsa saat ini.. Oouh..

yessy muchtar mengatakan...

Gue punya temen ya om...yang suka mengendarai ke luar kota. Kalo dia lagi nyetir gituh ...suka minta di telpon ! mentang-mentang kantor gue bebas nelpon2....yaelah...emang siy temen gue itu pake handsfree, tapi tetep gak boleh kan ya om? Kalo nabrak gimana hayoooo??? Gimana ommm??

Omm?? Ooommmmmm??

Meneng Wae!!!

Jawab donnnnnn!!!

nh18 mengatakan...

Mikir ...
Ini Training apa yak ??

(buka data ...)

Tuti Nonka mengatakan...

Aku pernah nyetir sambil ngupas jeruk. Tiba-tiba harus banting stir karena ada sepeda nyelonong. Nah, karena tangan licin kena kulit jeruk, meleset deh pegang stirnya. Nabrak? alhamdulillah nggak.

Aslinya sih, aku anggun menawan kalau duduk di belakang stir (nek pas mobile mandeg ... qiqiqi ... )

Vizon mengatakan...

Aku belum pernah nyetir mobil:
1. ngebut
2. sambil sms/pesbukan/nelpon
3. lirik kiri kanan
4. nabrak/ditabrak
5. ditilang...
lha wong aku gak bisa nyetir jhe... hehehe... :D

soal merinding:
jujur, aku selalu merinding setiap kali mendengar lagu kebangsaan, terutama Indonesia Raya dan Padamu Negeri... entahlah kenapa...

Anonim mengatakan...

sibuk mulu ampe gak bisa bels komen...
atoooo merinding terus niiiy :p

THE AFDHAL mengatakan...

*Lala:
Yeee ini kan topiknya tentang merinding, bukan KAGET

*EM :
iye, ditempatku emang jarang Wanita hehehe..oke sampe ketemu di medan balapan :)

* PUak :
MOnggo bu... (awas ya kowe)

*Nana:
yeee gak jadi pertamax..
soal perjalanan Bpp-Smd udah diceritain si bro...so kalo lewat situ jadi merinding beneran

*Eka:
yup....nyopir kudu hati2 ya bu
sapa yang ngaku cakep?? aku kan cuma ngaku ganteng..hayoooo

*Rara:
ow..don't worry lagu indonesia raya hapal donk...untung aku gak suka berkeliaran malam hari...ihhhh

*TT:
tuh kan..malah nangis...
hidup Indonesia

*yessy:
udah pinter boso jowo nih yee...
pasti temen lo tuh orangnya ganteng ya

*Om NH :
halah pake mikir..kan udah dibilang kalo ini training dari eksternal...wah dak nyimak :p

*Bu Tuti:
Iya bu menawannn banget...kalo dibelakang stir, mobile mandeg, dan dilihat dari belakang mobil juga :)


*Uda:
Selamat...kita bisa masuk klub merinding indonesia

*Eka:
nih udah dibalessssss..
puas lo???
:)

THE AFDHAL mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

wah kamu masih ditraining tho??? salah dong aku berguru ke kamu :-D

pantesan ge pernah nyangkut di truck & ban pecah

easyellow mengatakan...

Ooh...jadi ini toh sumber paduan suara Indonesia Raya kapan hari. Yg dengar di atas jg pada merinding kok pak hehe

Unknown mengatakan...

Hai Afdhal salam kenal
Merinding adalah sesuatu yang manusiawi, so keep merinding yah hahahaha...

Anonim mengatakan...

masih merinding aja neh???????

tyan mengatakan...

pertamaaaxx.... ja dech.....

Ria mengatakan...

sampe skr gw gak pernah lulus tuh commentary drive...hahahaha...padahal syart utama bisa dapet permit untuk bawa mobil kantor ya harus lulus :D

gak pernah mau dan gak pernah nyoba :P

Anonim mengatakan...

Nice post and this post helped me alot in my college assignement. Gratefulness you on your information.