Senin, 13 April 2009

Nephew

Dari 4 bersaudara (dan gw yang bungsu) semua kakak2 gw sudah menghasilkan anak, dan memberikan 3 orang cucu kepada ayah dan mengkontribusikan 3 orang ponakan kepada gw

Ponakan yang mo gw certain disini adalah Ponakan pertama gw, sudah kelas 4 SD, dari Mbak (kakak nomor 2; kebetulan dia melangkahi kakak pertama dalam urusan nikah)…Nama lengkapnya Taqarrub Muhammad Rizky. Nama Taqarrub Muhammad adalah nama hasil keputusan Ayah, berhubung Ipar gw tidak terima kalo dia tidak memberi kontribusi dalam nama anaknya, maka ditambahkanlah nama risky di belakang.
Saat lahir, sempat gw mengusulkan untuk memberi nama Toldo kepada ponakan gw yang pertama ini...secara saat Hamil Tua, Mbak gw tiap malam begadang ama gw nonton Bola (Piala Eropa tahun 2000), apalagi saat pertandingan semifinal. Saat Fransesco Toldo menjadi pahlawan Italia membendung beberapa tendangan penalty, kami berdua’lah yang membangunkan isi rumah dengan teriakan-teriakan ala supporter bola, dan esoknya mbak gw masuk rumah sakit hehehehe (untuk ngelahirin..tweengg….tweenggg…twenng)
Si Taqarrub Muhammad Rizky ini mempunyai nama panggilan yang tidak nyambung dengan nama aslinya….ACO nama panggilannya.
Asal usulnya, ACO itu dilahirkan dijogja, dan pada saat bersamaan, ayah sebagai Pembina mahasiswa-mahasiswa asal Sulawesi selatan lagi getol2nya mengadakan pertemuan dirumah, saat kumpul2 dirumah itu’lah aco menjadi giliran mainan bagi kumpulan mahasiswa-mahasiwa asal Sulawesi selatan ini, dan karena namanya yang ribet, maka digampangkan dengan memanggil aco (nama panggilan anak kecil orang Sulawesi).jadilah ACO nama panggilan dia sampai saat ini.
Aco ini adalah ponakan gw yang Pintar, berani, demokratis dan patuh kata orang tua.
Alhamdulillah dari kelas 1-4 SD selalu mendapat rangking 1-3 dikelasnya. Sayang ponakan gw ini agak-agak Overweight, alias gendut. Aco termasuk ponakan yang paling gw sayang, secara dari lahir sudah menjadi asuhan gw (kebetulan saat itu Mbak dan Ipar gw masih numpang di rumah mertua indah sampai ACO masuk TK)...
Gw tau banget perkembangan ACO dari lahir sampai TK (saat ACO TK gw sudah tidak dijogja lagi, saat itu sudah tugas di Semarang dan pekalongan, tapi tiap 2 minggu sekali masih sering pulang ke Jogja), saat masuk SD orangtuanya sudah memasukkan ACO di ekstra kulikuler sekolah, baik pencak silat maupun Sepakbola, tapi apa daya, gagal semua. Ya sehubungan dengan badan ACO yang overweight tadi. Sekarang badannya tetep overweight apalagi sejak ACO jatuh cinta dengan permainan catur. Pastinya kerjaan dia hanya duduk aja mantengin papan catur...Soal Catur dia sangat jago, dan tahun lalu ACO mewakili propinsi DI-Yogyakarta dalan turnamen catur se-indonesia di Bandung.
Tiap pengumuman catur wulan-semestar dan kenaikan kelas ACO selalu report ke gw, dan ujung2nya adalah minta hadiah. Saat pulang ke jogja, salah satu kewajibanku adalah memenuhi tuntutan ACO...tapi anak ini sangat hebat, manut apa kata ibu’nya, saat membawa ACO ke Mall dan mau membelikannya beberapa hadiah, dia Cuma bilang ”Kata Ibu, minta belikan 1 Kaos dan 1 Celana Panjang”...saat gw menawari membelikan 2 kaos, ACO tetep keukeh ”enggak, kata ibu, 1 Kaos dan 1 celana Aja om Al” (oh iya, semua ponakanku memanggilku dengan nama Om AL ; mungkin ribet kali kalo ngomong Am Afdhal). Beberapa saat terakhir hadiah yang dia minta adalah semua tools yang berkaitan dengan Catur...berbagai macam papan catur sudah kubelikan, Jam catur baik yang manual, maupun digital pun sudah kuberikan, berhubung semua tools yang berhubungan dengan catur sudah lengkap, baru-baru ini aco mulai ngelunjak. Dia minta dibelikan LAPTOP...Gubrakkkkkk....
Mudah2an gak nambah minta dibelikan Gadget terbaru atau PSP ya
Aco ini sangat demokratis,pernah gw ngelihat dia berantem dengan ibu’nya, saat berantem dia tidak teriak-teriak atau ngamuk-ngamuk, melainkan mengambil kursi dan duduk dekat ibunya kemudian mereka berdebat...ahh huebat banget nih ponakan gw.
Satu lagi, si Aco lumayan Melo jg orangnya, berbanding terbalik dengan badannya yang besar, gw ingat banget, saat gw sudah dibalikpapan dan beberapa kali ke Jogja dan saat itu kakak gw yang nomor 3 yang baru saja menikah akan berangkat ke jayapura selamanya (untuk menjadi PNS), Mbak gw tiba-tiba ngomong ama gw,
”tuh si Aco nangis dikamarnya”
“Lho kenapa”
“kata aco, dia sedih, kemarin baru ditinggal jauh ama Om AL ke balikpapan, sekarang Om Abin (kakak gw) juga mo ninggalin dia ke Jayapura...”Lha Aco gak punya Om lagi yang dekat donk, Aco tidak punya teman main lagi”
Huuaaaaa.....anak sekecil itu sudah bisa Melo...
Saat gw masuk kekamarnya, dia masih nangis sesenggukan...setelah dia gw ada didalam dia mulai diam...
“Aco, ayo ke Mall yuuk, Om mau nyari baju nih, kata ibu aco juga pengen beli Celana ya, kata ibu celana yang om belikan kemarin udah sempit lagi, wahhh aco cepat banget gendutnya,” sambil aku godain dan pegang perutnya
“ini perut apa tas pinggang aco” hehehe si aco nyegir, tapi masih kelihatan bekas nangisnya
gw nanya, “aco kenapa nangis” ....dia diam saja
“om’nya pada jauh-jauh ya” aco mengangguk
“Om’nya jauh-jauh itu kan pergi kerja, cari uang, uangnya juga nanti dipake untuk beliin aco hadiah, walopun jauh kan masih bisa telpon, masih bisa SMS”
“tapi aco tidak ada teman main” (padahal kalo gw dan abang gw main sama aco, ujung2nya bikini aco nangis hihihihi)
“lho aco kan sudah sekolah, sudah ada teman main, kan ada ibu dan bapak aco juga”
Syukurnya aco bisa mengerti, kalo enggak bingung jg gw ngeladenin, maklum Belum pengalaman jadi bapak.

Memang sekarang ini kontak2an dengan aco masih cukup lancar.
Baru-baru ini Aco Nelpon gw “OM AL, tahun ini aco Insya Allah ikut lomba catur se-indonesia lagi lho, kata guru catur, tahun ini lombanya di Palangkaraya-Kalimantan, nanti Om Al datang ya”
“Oke Sipp, Om Insya Allah datang, tapi janji aco harus juara ya” sambil membantin emang palangkaraya dekat ama balikpapan- palangkaraya

Untuk ponakan gw yang ke 2 dan 3, masih kecil-kecil, dan tidak terlalu dekat dengan Om’nya...ponakan gw yang ke 2, cewek dikontribusi dr kakak gw yang nomor satu. Ponakan gw yang cewek ini sekarang berada di makassar, jauh dari bapaknya yang berada di jayapura...ya di ”sandera” ama ayah, untuk nemenin ayah dirumah gitu deh.....
Ponakan gw yang ini tipicalnya adalah perongrong hehehe becanda..
Tiap ditelpon yang dia ucapkan Cuma 2 kalimat aja
”Om Al, belikan baju warna merah”
Om Al, belikan Apel”
Itu aja yang bisa dia ucapkan tiap gw nelpon....
Sementara ponakan gw yang nomor 3, masih berumur 1 tahun, belum bisa ngapa2in..paling bapaknya yang sms ”Om Al, ponakanmu mau ulang tahun nih, hadiahnya mannna?” halah !!!


Mudah2an semua ponakan gw sehat-sehat selalu, berbakti kepada orang tua, agama, negara, kakek-neneknya dan tentunya OM AL
Dan pesen buat semua kakak gw, jangan menuh-menuhin silsilah keluarga dengan menambah daftar ponakan gw dulu ya
Tunggu dulu gw yang nambah silsilah berikutnya :)
AMIN

9 komentar:

Emiko mengatakan...

Tunggu dulu gw yang nambah silsilah berikutnya :)

AMIIIINNNNN

btw dhal,
Aco itu dalam bhs mks/bugis apa tidak ada arti lain...?
like... kemaluan anak laki-laki?
gue bener nanya bukan main-main loh.
Cos di rumahku, sebutan untuk itu ya aco itu.
please kasih tahu gue

EM

THE AFDHAL mengatakan...

@ EM :
makasih aminnya..kurang panjang

utk ACO, aslinya ACO adlh panggilan untuk anak laki-laki yang masih kecil.
memang sih pernah dengar ACO adalah penyebutan utk kemaluan laki-laki..dan biasa disebutkan oleh orang tua kepada anaknya yang masih kecil
Misal :
" celanya dipakai, itu ACO'nya kelihatan"
tp sepengetahuan saya utk aco dalam maksud ini bukan sebagai Trade Mark, hanya bahasa prokem lokal aja diantara orangtua kpd anaknya, dan tidak semua keluarga menyebutkan ini sebagai penyebutan kelamin
mudah2an bisa menjawab hihihi
harap maklum yee

Emiko mengatakan...

Thanks....

ngerti deh sekarang.

Papa juga punya ayah angkat namanya BALACO, makanya kita selalu heran kok namanya gitu.

EM

Lala mengatakan...

Om Al..

Minta blackberry dong...
Hihihi...

Btw
Kapan nambah silsilah keluarga? Gue diundang ga, Om Al? :)

yessy muchtar mengatakan...

Hai Om Al..

Ajak aku juga donn ke Mall! yah yah ?? Ajak yaaa..Pleaseeeeee...Gak minta beliin macem macem deh..Beliin Lingerie ajaa..boleh ya Om Al...


HOREEEEEEE!!!


*xixixixixixix, hai Jel! makan sana, kerja mulu!*

yessy muchtar mengatakan...

Hai Om Al..

Ajak aku juga donn ke Mall! yah yah ?? Ajak yaaa..Pleaseeeeee...Gak minta beliin macem macem deh..Beliin Lingerie ajaa..boleh ya Om Al...


HOREEEEEEE!!!


*xixixixixixix, hai Jel! makan sana, kerja mulu!*

THE AFDHAL mengatakan...

@ Lala :
ntar gw kirim casing'nya aja dulu ya...belajar megang dulu
undangan doank lho, gak plus transport dan akomodasi
@ Yessy :
ntar Lingerie'nya gw kirim brosurnya aja ya
wah don't worry, soal makan itu hobby :)

nh18 mengatakan...

Om AL ?
Hah ... !!!

Udah ngetop panggilan ini rupanya ...

(afdhal aja OM ... gua OPA kali ya ...)

THE AFDHAL mengatakan...

@ Om NH :
Opa NH...hmm gak deh